ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN UPT. PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA MENGGUNAKAN REGRESI LOGISTIK ORDINAL | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN UPT. PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA MENGGUNAKAN REGRESI LOGISTIK ORDINAL


Pengarang

Nailus Sarah - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Nany Salwa - 197505292008122001 - Dosen Pembimbing I
Nurhasanah - 197405192008012007 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

1908108010029

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Statistika (S1) / PDDIKTI : 49201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas MIPA Statistika., 2023

Bahasa

Indonesia

No Classification

519.536

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Informasi merupakan hal yang sangat dibutuhkan di zaman sekarang ini. Perpustakaan didefinisikan sebagai wahana pendidikan, informasi, pelestarian, penelitian, dan rekreasi guna meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan bangsa (UU RI, 2007). Perpustakaan selaku pemberi pelayanan harus mengedepankan kepuasan konsumen (pemustaka). UPT. Perpustakaan USK sebagai salah satu penyedia layanan informasi juga dituntut untuk mengedepankan kepuasan para pemustakanya, khususnya para mahasiswa. Guna mengetahui tingkat kepuasan pemustaka terhadap dimensi kualitas pelayanan yang diberikan, maka perlu dilakukan evaluasi terhadap tingkat kepuasan UPT. Perpustakaan USK. Mengingat kasus pandemi yang melanda dan menyebabkan kemungkinan terjadinya berbagai perubahan, maka perlu dilakukannya penelitian ini. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk melihat adanya hubungan antara tingkat kepuasan dan dimensi kualitas pelayanan adalah analisis regresi logistik ordinal. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk menyusun model analisis regresi logistik ordinal serta untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi tingkat kepuasan pemustaka terhadap kualitas pelayanan UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data primer hasil survei penelitian mandiri dengan judul “Survei Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala” dengan total populasi 464 responden dan jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 215 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dua faktor yang memengaruhi tingkat kepuasan pemustaka UPT. Perpustakaan USK, yaitu faktor bukti fisik (X1) dan faktor daya tanggap (X3).


Kata kunci: Tingkat Kepuasan, Dimensi Kualitas Pelayanan, UPT. Perpustakaan USK, Regresi Logistik Ordinal

Information is something that is needed in this day and age. Libraries are defined as a vehicle for education, information, preservation, research, and recreation to improve the intelligence and empowerment of the nation (UU RI, 2007). Libraries as service providers must prioritize customer satisfaction (library users). USK Library as one of the information service providers is also required to prioritize the satisfaction of its customers, especially students. In order to determine the level of user satisfaction with the dimensions of service quality provided, it is necessary to evaluate the satisfaction level of the UPT. USK Library. Given the pandemic case that hit and caused the possibility of various changes, it is necessary to conduct this research. One method that can be used to see the relationship between satisfaction levels and service quality dimensions is ordinal logistic regression analysis. The objectives to be achieved in this study are to develop an ordinal logistic regression analysis model and to determine the factors that influence the level of satisfaction of library users with the quality of service of UPT. Syiah Kuala University Library. The data used in this study are primary data from an independent research survey entitled "Survey of Student Satisfaction Level with the Quality of Service of UPT. Syiah Kuala University Library" with a total population of 464 respondents and the number of samples used was 215 respondents. The results of this study indicate that there are two factors that influence the level of satisfaction of USK Library users, namely the tangibles factor (X1) and the responsiveness factor (X3). Keywords: Level of Satisfaction, Dimensions of Service Quality, UPT. USK Library, Ordinal Logistic Regression

Citation



    SERVICES DESK