PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM RESPIRASI MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DARI BAHAN SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 7 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM RESPIRASI MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DARI BAHAN SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 7 BANDA ACEH


Pengarang

Lidya Sri Rizki - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0906103050032

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata Kunci: penerapan, model problem based learning, hasil belajar, system respirasi manusia.

Penelitian yang berjudul “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Sistem Respirasi Manusia dengan Menggunakan Alat Peraga dari Bahan Sederhana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 7 Banda Aceh.”Pengambilan data telah dilaksanakan pada tanggal 04 sampai 13 Februari 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning pada materi system pernapasan pada manusia di SMAN 7 Banda Aceh. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IA4 dengan jumlah 32 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif. Penggumpulan data dilakukan dengan pretest-postest, angket respon dan lembar observasi siswa. Data dianalisis dengan persentase ketuntasan belajar siswa yaitu ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal. Hasil analisis data diperoleh dari 32 siswa terdapat 28 siswa yang tuntas secara individual, sedangkan yang tidak tuntas ada 4 siswa. Persentase ketuntasan hasil belajar secara individual setelah penerapan model problem based learning pada materi sistem respirasi manusia adalah 87,5%, peningkatan aktivitas siswa sebesar 98% dan respon siswa sebesar 88%, dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning pada materi system respirasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas siswa tergolong kategori sangat baik, dan hasil respon siswa pada kategori baik.



Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK