Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
WANPRESTASI DALAM PELAKSANAAN PERJANJIAN JASA PENGADAAN BAJU ANTARA PELAKU USAHA JASA KONVEKSI DENGAN PELANGGAN (PENELITIAN PADA SOKI KONVEKSI DAN GUDANG KAOS POLOS DI BANDA ACEH)
Pengarang
MUHAMMAD SHIDDIQ - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Ilyas - 196504051991021001 - Dosen Pembimbing I
Nomor Pokok Mahasiswa
1703101010067
Fakultas & Prodi
Fakultas Hukum / Ilmu Hukum (S1) / PDDIKTI : 74201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Hukum., 2023
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Muhammad Shiddiq,
2022 WANPRESTASI DALAM PELAKSANAAN PERJANJIAN JASA PENGADAAN BAJU ANTARA PELAKU USAHA JASA KONVEKSI DENGAN PELANGGAN (Penelitian Pada Soki Konveksi dan Gudang Kaos Polos di Banda Aceh)
Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala
(vi,73),pp.,tabl.,bibl.
Dr. Ilyas, S.H., M.HUM.
Wanprestasi adalah suatu sikap dimana seseorang tidak memenuhi atau lalai melaksanakan kewajiban sebagaimana yang telah ditentukan dalam perjanjian. Wanprestasi sebagaimana diterangkan Pasal 1238 KUH Perdata adalah kondisi di mana debitur dinyatakan lalai dengan surat perintah, atau dengan akta sejenis itu, atau berdasarkan kekuatan dari perikatan sendiri. Wanprestasi yang terjadi dalam pengadaan baju antara pihak konveksi dengan pelanggan berupa pihak konveksi terlambat menyelesaikan pesanan baju milik pelanggan dan pelanggan terlambat dalam melunasi sisa uang pesanan baju.
Tujuan penulisan skripsi ini untuk menjelaskan mengenai bentuk wanprestasi yang terjadi dalam pelaksanaan perjanjian jasa pengadaan baju antara pihak usaha konveksi Gudang Kaos Polos dan Soki Konveksi dengan pelanggan, faktor-faktor penyebab terjadinya wanprestasi oleh pihak konveksi dan pihak pelanggan dan penyelesaian sengketa terhadap wanprestasi oleh pihak konveksi maupun pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis empiris yaitu teknik pengumpulan data melalui penelitian lapangan. Penelitian hukum empiris merupakan penelitian yang menggunakan data primer sebagai data utama yang diperoleh melalui proses wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk wanprestasi yang terjadi dalam perjanjian jasa pengadaan baju antara pihak konveksi dengan pelanggan adalah pihak konveksi membuat jumlah baju ukuran tertentu tidak sesuai dengan perjanjian dan terlambat dalam penyelesaian pesanan baju pelanggan serta pelanggan terlambat melunasi sisa uang pesanan baju. Faktor-faktor penyebab terjadinya wanprestasi oleh para pihak adalah pihak konveksi salah perhitungan dalam mengelola pesanan baju yang masuk dan terjadi kerusakan pada mesin pencetak baju, sedangkan dari pihak pelanggan adalah pelanggan tidak mendapatkan informasi mengenai pesanan baju yang sudah rampung dikerjakan serta pelanggan memiliki kesibukan sehingga tidak dapat mengambil pesanan baju tepat waktu. Penyelesaian sengketa terhadap wanprestasi oleh para pihak yaitu dengan cara musyawarah/mufakat, hal ini dianggap lebih efektif dan efisien dalam menyelesaikan perselisihan yang terjadi antara para pihak.
Disarankan kepada pihak konveksi dan pelanggan dalam membuat perjanjian turut menambahkan poin-poin yang mengatur mengenai terjadinya wanprestasi. Pihak konveksi diharapkan lebih bijak dalam mengambil pesanan baju yang masuk untuk menghindari penumpukan pesanan serta pihak pelanggan juga diharapkan menyiapkan sisa uang pelunasan pesanan baju jauh-jauh hari dan dituntut lebih responsif mengenai informasi pesanan baju yang sudah rampung dikerjakan.
Abstract Muhammad Shiddiq, 2022 Defaults in the Implementation of Clothing Procurement Service Agreements Between Convection Service Entrepreneurs and Customers (Research on Soki Convection and Gudang Kaos Polos in Banda Aceh) Faculty of Law, Syiah Kuala University (vi,73), pp., tabl., bible. Dr. Ilyas, S.H., M.HUM. Default is an attitude in which a person does not fulfill or neglects to carry out obligations as specified in the agreement. Default as explained in Article 1238 of the Civil Code is a condition in which the debtor is declared negligent by a warrant, or by a similar deed, or based on the strength of the engagement itself. Defaults that occur in the procurement of clothes between the convection party and the customer in the form of the convection party being late in completing the customer's clothes order and the customer being late in paying off the remaining money for the clothes order. The purpose of writing this thesis is to explain the forms of default that occur in the implementation of a clothing procurement service agreement between the convection business parties Plain T-shirt Warehouse and Soki Convection with customers, the factors that cause default by the convection party and the customer and settlement of disputes against default by the convection party as well as customers. The research method used is empirical juridical, namely data collection techniques through field research. Empirical legal research is research that uses primary data as the main data obtained through an interview process. The results showed that the form of default that occurred in the clothing procurement service agreement between the convection party and the customer was that the convection party made the number of clothes of a certain size not in accordance with the agreement and was late in completing customer clothes orders and the customer was late in paying off the rest of the money ordered for clothes. The factors that caused the default by the parties were that the convection party miscalculated in managing incoming clothes orders and there was damage to the clothes printing machine, while from the customer's side, the customer did not get information about the clothes order that had been completed and the customer was busy so he did not can take orders for clothes on time. Settlement of disputes against default by the parties, namely by way of deliberation/consensus, this is considered more effective and efficient in resolving disputes that occur between the parties. It is suggested that convection parties and customers in making agreements also add points that regulate the occurrence of defaults. The convection party is expected to be wiser in taking orders for incoming clothes to avoid a buildup of orders and the customer is also expected to prepare the remaining money for paying off the order for clothes in advance and are required to be more responsive regarding information on clothes orders that have been completed.
WANPRESTASI DALAM PELAKSANAAN PERJANJIAN JASA JAHIT PAKAIAN (SUATU PENELITIAN DI KECAMATAN KOTA JUANG KABUPATEN BIREUEN) (Nasyata Mawaddah, 2024)
PENGOPTIMALAN MASALAH PEMROGRAMAN NONLINIER MENGGUNAKAN METODE QUADRATIC PROGRAMMING (SRI RIZKI APRILIANTI PASARIBU, 2022)
WANPRESTASI DALAM JUAL BELI ANTARA PIHAK PERUSAHAAN KONVEKSI DENGAN KONSUMEN DI BANDA ACEH (Sabil Fajar, 2023)
WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN JASA LAUNDRY (SUATU PENELITIAN DI KOTA BANDA ACEH) (ROSALIA NOVIZA, 2021)
WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN JUAL BELI ANTARA PELAKU USAHA SABLON DENGAN PELANGGAN (SUATU PENELITIAN DI KOTA LANGSA) (Muhammad Rafi, 2024)