RANCANG BANGUN APLIKASI GAME SNAKE AND LADDER MATH BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA SMP | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

RANCANG BANGUN APLIKASI GAME SNAKE AND LADDER MATH BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA SMP


Pengarang

MUHAMMAD IKHWAN - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Bintang Zaura - 196311091991032001 - Dosen Pembimbing I
Mukhlis Hidayat - 198208312006041002 - Dosen Pembimbing II
Mailizar - 198105252006041002 - Penguji
Suryawati - 196307171987032001 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1706103020073

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Matematika., 2023

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Muhammad Ikhwan (2022). Rancang Bangun Aplikasi Game Snake And Ladder Math Berbasis Android Untuk Siswa SMP.

Belajar matematika berbasis game merupakan suatu inovasi pembelajaran digital yang memberi banyak manfaat terutama dalam mengasah keilmuan matematika. Game edukasi memiliki fungsi membantu siswa meningkatkan motivasi keterlibatan proses belajar mengajar, media latihan keterampilan, media terapi, media pelatihan serta melatih siswa sebagai pengembang. Sehingga pengembangan game dapat digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah program aplikasi game snake and ladder math berbasis android yang dapat digunakan oleh siswa untuk media pembelajaran dikelas. Penelitian ini menggunakan System Development Life Cycle (SDLC) dengan tahapan planning, analysis, design, implementation, testing, dan maintenance. Hasil penelitian membuktikan perancangan aplikasi game snake and ladder math telah dikembangkan dengan optimal dimana semua fungsional sistem dapat berjalan dengan baik. Pengujian sistem baik dari sisi back-end dan user interface menggunakan model TAM dianggap setuju dalam pemanfaatan aplikasi game tersebut.

Kata Kunci: Rancang bangun, aplikasi game snake and ladder math

Muhammad Ikhwan (2022). Design Android Based Snake and Ladder Math Game Application for Junior High School Student Learning mathematics through games is a digital learning innovation that provides many benefits, especially in honing mathematical skills. Educational games have the function of helping students improve their motivation in the learning process, providing a medium for skills practice, therapy, training, and developing students as developers. Therefore, game development can be used to increase students' interest in learning. This study aims to build a snake and ladder math game application program based on Android that can be used by students as a learning medium in the classroom. This study uses the System Development Life Cycle (SDLC) with stages of planning, analysis, design, implementation, testing, and maintenance. The results of the study prove that the design of the snake and ladder math game application has been developed optimally, where all system functionalities can work well. System testing, both from the back-end and user interface using the TAM model, is considered acceptable in utilizing the game application. Keywords: Design and development, snake and ladder math game application

Citation



    SERVICES DESK