Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 BANDA ACEH
Pengarang
Mar Ul Hasanah - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Cut Morina Zubainur - 197208182002122001 - Dosen Pembimbing I
Syahjuzar - 195705111988101001 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
1606103020020
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Matematika., 2023
Bahasa
Indonesia
No Classification
370.152
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Mar ul Hasanah (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Negeri 2
Banda Aceh.
Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan kemampuan yang harus
dimiliki oleh setiap siswa. Namun saat ini kemampuan berpikir kritis matematis
peserta didik baik di sekolah menengah maupun di perguruan tinggi masih belum
seperti yang diharapkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan
berpikir kritis matematis siswa setelah terjadinya pandemi COVID-19 di SMP
Negeri 2 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SMP Negeri 2 Banda Aceh,
sedangkan untuk sampelnya dipilih satu kelas yakni kelas IX/1 yang berjumlah 27
siswa. Data kemampuan berpikir kritis matematis siswa dikumpulkan melalui soal
tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis
siswa setelah terjadinya pandemi COVID-19 di SMP Negeri 2 Banda Aceh adalah
cukup kritis. Kesimpulan ini berdasarkan hasil rata-rata persentase yang didapat
dari ke-4 indikator kemampuan berpikir kritis matematis yaitu 65%.
Kata Kunci: Kemampuan berpikir kritis matematis, Pembelajaran jarak jauh.
Mar ul Hasanah (2022). Mathematical Critical Thinking Ability of SMP Negeri 2 Students Banda Aceh. Mathematical critical thinking ability is a must ability owned by every student. But now the ability to think critically is mathematical students both in high school and in tertiary institutions are still not as expected. The purpose of this study is to determine the ability students' mathematical critical thinking after the COVID-19 pandemic occurred in junior high school Negeri 2 Banda Aceh. This study uses a quantitative descriptive method. The population in this study were all students of SMP Negeri 2 Banda Aceh, while for the sample one class was chosen, namely class IX/1, totaling 27 student. Data on students' mathematical critical thinking skills were collected through questions test. The results of this study indicate that the ability to think critically is mathematical students after the COVID-19 pandemic at SMP Negeri 2 Banda Aceh is quite critical. This conclusion is based on the average percentage obtained of the 4 indicators of mathematical critical thinking ability, namely 65%. Keywords: Mathematical critical thinking skills, distance learning.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DEEP DIALOGUE CRITICAL THINKING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA SMA NEGERI 1 SAWANG (RIVA HUSNIL HARTINAH, 2024)
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SABANG (Hershinta Desiandra, 2023)
KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATISRNSISWA SMA NEGERI 12 BANDA ACEHRNTAHUN AJARAN 2021/2022 (Nadya Raudhatul Jannah, 2022)
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIR MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMPN 10 BANDA ACEH (Suci Putri Meilita, 2016)
KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN METAKOGNISI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING (Lia Fitria, 2017)