Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
EFEKTIVITAS PROBLEM BASE LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA
Pengarang
HATFINA MAKRAMI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Agus Wahyuni - 196208251988111001 - Dosen Pembimbing I
Elmi Mahzum - 196802071993031003 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
1806103030045
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2023
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Hatfina Makrami (2023). Efektivitas Problem base learning dengan menggunakan Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA.
Perkembangan zaman menuntut peserta didik untuk memiliki keterampilan yang dapat menjadikan bangsa lebih maju salah satunya adalah keterampilan berpikir kritis, Hal ini tidak terlepas dari peranan guru di sekolah yang harus memiliki cara untuk mengasah keterampilan berpikir kritis tersebut. Model pembelajaran problem base learning dengan menggunakan mind mapping merupakan salah satu hal yang dapat diterapkan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas problem base learning dengan menggunakan mind mapping dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada materi fluida statis. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental Design dengan Non-Equivalent Control Group Design. Alat ukur penelitian menggunakan soal tes uraian keterampilan berpikir kritis pada siswa SMA kelas XI IPA. Hasil penelitian menunjukkan problem base learning dengan menggunakan mind mapping efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa (pvalue = 0,031). Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa yang mendapatkan pembelajaran problem base learning dengan menggunakan mind mapping lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang hanya mendapatkan pembelajaran dengan model problem base learning.
Kata Kunci: Problem base learning, Keterampilan berpikir kritis, Mind mapping
Abstract This study aims to analyze the effectiveness of problem-based learning using mind mapping in improving the critical thinking skills of high school students on static fluid material. The research method used is Quasi-Experimental Design with Non-Equivalent Control Group Design. The research measurement tool used a description test question on critical thinking skills in class XI IPA high school students. The results showed that problem-based learning using mind mapping effectively improved students' necessary thinking skills (p-value = 0.031). The increase in critical thinking skills of students who received problem-based learning using mind mapping was higher than students who only received learning with the problem-based learning model. Keywords: problem-based learning, critical thinking skills, mind mapping
EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM SOLVING MELALUI METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (NUR AKMALIAH, 2022)
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KONSEP USAHA DAN ENERGI UNTUK MENINGKATKANRNKETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA (siska sucirahayu, 2015)
PENERAPAN MODEL SITUATION BASED-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP (SITI MULIA, 2021)
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI SMAN 1 TAPAKTUAN (Selviyana, 2022)
KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA SMP PADA MATERI PERSAMAAN GARIS MELALUI PROJECT-BASED LEARNING (Sela Nur Shadiqah, 2022)