EFEKTIVITAS PROBLEM BASE LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

EFEKTIVITAS PROBLEM BASE LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA


Pengarang

HATFINA MAKRAMI - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Agus Wahyuni - 196208251988111001 - Dosen Pembimbing I
Elmi Mahzum - 196802071993031003 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1806103030045

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2023

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Hatfina Makrami (2023). Efektivitas Problem base learning dengan menggunakan Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA.

Perkembangan zaman menuntut peserta didik untuk memiliki keterampilan yang dapat menjadikan bangsa lebih maju salah satunya adalah keterampilan berpikir kritis, Hal ini tidak terlepas dari peranan guru di sekolah yang harus memiliki cara untuk mengasah keterampilan berpikir kritis tersebut. Model pembelajaran problem base learning dengan menggunakan mind mapping merupakan salah satu hal yang dapat diterapkan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas problem base learning dengan menggunakan mind mapping dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada materi fluida statis. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental Design dengan Non-Equivalent Control Group Design. Alat ukur penelitian menggunakan soal tes uraian keterampilan berpikir kritis pada siswa SMA kelas XI IPA. Hasil penelitian menunjukkan problem base learning dengan menggunakan mind mapping efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa (pvalue = 0,031). Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa yang mendapatkan pembelajaran problem base learning dengan menggunakan mind mapping lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang hanya mendapatkan pembelajaran dengan model problem base learning.

Kata Kunci: Problem base learning, Keterampilan berpikir kritis, Mind mapping

Abstract This study aims to analyze the effectiveness of problem-based learning using mind mapping in improving the critical thinking skills of high school students on static fluid material. The research method used is Quasi-Experimental Design with Non-Equivalent Control Group Design. The research measurement tool used a description test question on critical thinking skills in class XI IPA high school students. The results showed that problem-based learning using mind mapping effectively improved students' necessary thinking skills (p-value = 0.031). The increase in critical thinking skills of students who received problem-based learning using mind mapping was higher than students who only received learning with the problem-based learning model. Keywords: problem-based learning, critical thinking skills, mind mapping

Citation



    SERVICES DESK