PENINGKATAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KONSEP DIRI SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS AKSI, PROSES, OBJEK DAN SKEMA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENINGKATAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KONSEP DIRI SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS AKSI, PROSES, OBJEK DAN SKEMA


Pengarang

Handa Maya Sari - Personal Name;

Dosen Pembimbing

M. Ikhsan - 196407221989031002 - Dosen Pembimbing I
Usman - 197412312001121003 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1906203020021

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S2) / PDDIKTI : 84102

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika., 2023

Bahasa

Indonesia

No Classification

511.8

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Handa Maya Sari. 2022. Kemampuan Pemahaman Matematis dan Konsep Diri Siswa melalui Model Discovery learning berbasis Aksi, Proses, Objek dan Skema

Pemahaman matematika siswa masih rendah, oleh karena itu, diharapkan model pembelajaran yang dapat mengkonstruksi level pemahaman siswa. Model yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman matematis dan konsep diri yaitu model discovery learning berbasis APOS. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman matematis dan konsep diri setelah memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning berbasis APOS, dan untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan level siswa terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan konsep diri. Pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain pretest and post-test control group desain. Populasi penelitian siswa kelas VIII MTsN 1 Aceh Selatan dengan sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pemilihan sampel dilakukan secara random sampling. Instrumen yang digunakan tes kemampuan pemahaman matematis dan angket konsep diri siswa. Teknik analisis data menggunakan uji anava. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan konsep diri siswa melalui model discovery learning berbasis APOS dengan pembelajaran konvensional. Selanjutnya hasil penelitian ini juga mengidentifikasi bahwa tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan level siswa terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan konsep diri siswa.

Kata Kunci: Discovery learning, APOS Kemampuan Pemahaman Matematis, Konsep Diri

ABSTRACT Handa Maya Sari. 2022. Students' Mathematical Understanding and Self-Concept Ability through Action, Process, Object and Scheme-based Discovery Learning Models Students' understanding of mathematics is still low, therefore, it is hoped that learning models can construct students' understanding levels. The model that is expected to increase mathematical understanding and self-concept is the APOS-based discovery learning model. The aim of the study was to determine the increase in mathematical understanding and self-concept after obtaining learning using the APOS-based discovery learning model, and to determine the interaction between the learning model and the student's level towards increasing the ability of mathematical understanding and self-concept. Quantitative research approach with pretest and post-test control group design. The research population was class VIII students at MTsN 1 Aceh Selatan with experimental and control class samples. The sample selection was done by random sampling. The instruments used were tests of students' mathematical understanding abilities and self-concept questionnaires. Data analysis technique using anava test. Based on the results of the study, it was found that there were differences in increasing the ability of mathematical understanding and self-concept of students through the APOS-based discovery learning model with conventional learning. Furthermore, the results of this study also identified that there was no interaction between the learning model and the student level towards increasing students' mathematical understanding abilities and self-concept. Keywords: Discovery learning , APOS Mathematical Understanding Ability, Self Concept

Citation



    SERVICES DESK