Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
PENINGKATAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KONSEP DIRI SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS AKSI, PROSES, OBJEK DAN SKEMA
Pengarang
Handa Maya Sari - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1906203020021
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S2) / PDDIKTI : 84102
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika., 2023
Bahasa
Indonesia
No Classification
511.8
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Handa Maya Sari. 2022. Kemampuan Pemahaman Matematis dan Konsep Diri Siswa melalui Model Discovery learning berbasis Aksi, Proses, Objek dan Skema
Pemahaman matematika siswa masih rendah, oleh karena itu, diharapkan model pembelajaran yang dapat mengkonstruksi level pemahaman siswa. Model yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman matematis dan konsep diri yaitu model discovery learning berbasis APOS. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman matematis dan konsep diri setelah memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning berbasis APOS, dan untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan level siswa terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan konsep diri. Pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain pretest and post-test control group desain. Populasi penelitian siswa kelas VIII MTsN 1 Aceh Selatan dengan sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pemilihan sampel dilakukan secara random sampling. Instrumen yang digunakan tes kemampuan pemahaman matematis dan angket konsep diri siswa. Teknik analisis data menggunakan uji anava. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan konsep diri siswa melalui model discovery learning berbasis APOS dengan pembelajaran konvensional. Selanjutnya hasil penelitian ini juga mengidentifikasi bahwa tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan level siswa terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan konsep diri siswa.
Kata Kunci: Discovery learning, APOS Kemampuan Pemahaman Matematis, Konsep Diri
ABSTRACT Handa Maya Sari. 2022. Students' Mathematical Understanding and Self-Concept Ability through Action, Process, Object and Scheme-based Discovery Learning Models Students' understanding of mathematics is still low, therefore, it is hoped that learning models can construct students' understanding levels. The model that is expected to increase mathematical understanding and self-concept is the APOS-based discovery learning model. The aim of the study was to determine the increase in mathematical understanding and self-concept after obtaining learning using the APOS-based discovery learning model, and to determine the interaction between the learning model and the student's level towards increasing the ability of mathematical understanding and self-concept. Quantitative research approach with pretest and post-test control group design. The research population was class VIII students at MTsN 1 Aceh Selatan with experimental and control class samples. The sample selection was done by random sampling. The instruments used were tests of students' mathematical understanding abilities and self-concept questionnaires. Data analysis technique using anava test. Based on the results of the study, it was found that there were differences in increasing the ability of mathematical understanding and self-concept of students through the APOS-based discovery learning model with conventional learning. Furthermore, the results of this study also identified that there was no interaction between the learning model and the student level towards increasing students' mathematical understanding abilities and self-concept. Keywords: Discovery learning , APOS Mathematical Understanding Ability, Self Concept
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN KONTEKS GLOBAL WARMING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE PADA SISWA MTS (Nanda Maisari, 2024)
KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING (RISFAN ZAKI, 2021)
PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TRIGONOMETRI DI SMA (NELLIANI, 2018)
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIKA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Zinatun Hayati, 2019)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (Fona Fitry Burais, 2019)