PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN SENI TARI BERBASIS AUDIO VISUAL DI SMA NEGERI I JAYA KECAMATAN JAYA KABUPATEN ACEH JAYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN SENI TARI BERBASIS AUDIO VISUAL DI SMA NEGERI I JAYA KECAMATAN JAYA KABUPATEN ACEH JAYA


Pengarang

NUR AMALIA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Cut Zuriana - 197801142006042002 - Dosen Pembimbing I
Nurlaili - 197506102006042001 - Dosen Pembimbing II
Tengku Hartati - 197108122006042001 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1806102030035

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik (S1) / PDDIKTI : 88209

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Sendratasik., 2023

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Media pembelajaran merupakan sarana penunjang dalam kegiatan pembelajaran untuk menghasilkan kualitas sumber belajar yang baik bagi peserta didik. Media yang digunakan dalam pembelajaran diyakini memberikan efek positif bagi siswa yaitu media audio visual. Guru SMA Negeri I Jaya Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya memilih menggunakan media audio visual dalam menyampaikan materi tari khususnya agar lebih menarik yang pada akhirnya dapat meningkatkan suasana belajar siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah adalah seluruh siswa kelas X1 MIPA SMA Negeri 1 Jaya tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 2 kelas yaitu XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 dengan jumlah 61 orang siswa. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, dan dokumentasi, data yang terkumpul dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media audio visual digunakan untuk memberikan contoh pementasan seni tari didalam ruangan dan diluar ruangan dengan tujuan agar siswa dapat paham dan mendapatkan inspirasi untuk rancangan pergelaran tari dan memahami rancangan pergelaran tari beserta prakteknya mempergelarkan tari dengan memperhatikan nilai-nilai estetis. Hasil belajar siswa terhadap pembelajaran seni tari berbasis media audio visual di Kelas XI MIPA SMA Negeri I Jaya, Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya berhasil dengan baik, hal ini dapat dilihat antuasias siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran di kelas eksperimen dibandingkan kelas control. Siswa lebih cepat memahami pelajaran menggunakan media audio visual dibandingkan dengan cara pembelajaran metode ceramah. Hasil nilai siswa juga menunjukkan pada kelas eksperimen memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dimana dominan siswa 55,17% siswa memiliki nilai pada kategori baik dimana lebih banyak 62,5% dibanding kelas kontrol yang hanya terdapat 7,33% siswa yang memperoleh nilai baik.
Kata Kunci: Pembelajaran Seni Tari, Media Audio Visual

Learning media is a means of supporting learning activities to produce good quality learning resources for students. The media used in learning is believed to have a positive effect on students, namely audio-visual media. Teachers of SMA Negeri I Jaya, Jaya District, Aceh Jaya Regency chose to use audio-visual media in conveying dance material, especially to make it more interesting which in turn can improve the student learning atmosphere and can improve student learning outcomes. This study used a descriptive qualitative approach, the subjects of this study were all students of class X1 MIPA SMA Negeri 1 Jaya in the 2022/2023 academic year which consisted of 2 classes, namely XI MIPA 1 and XI MIPA 2 with a total of 61 students. Data was collected through observation sheets and documentation. The collected data were analyzed using data reduction, data presentation, and data verification. The results showed that the use of audio-visual media was used to provide examples of dance performances indoors and outdoors with the aim that students could understand and get inspiration for dance performance designs and understand dance performance designs and their practice of performing dances with due regard to aesthetic values. Student learning outcomes on dance learning based on audio-visual media in Class XI MIPA SMA Negeri I Jaya, Jaya District, Aceh Jaya Regency succeeded well, this can be seen from the enthusiasm of students in carrying out learning activities in the experimental class compared to the control class. Students understand lessons more quickly using audio-visual media compared to the lecture method. The results of student scores also show that the experimental class has a higher score compared to the control class where the dominant students are 55.17% of students having grades in the good category where 62.5% more than the control class where only 7.33% of students get good point. Keywords: Dance Art Learning, Audio Visual Media

Citation



    SERVICES DESK