KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS XI BERDASARKAN GENDER DI SMA NEGERI 1 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS XI BERDASARKAN GENDER DI SMA NEGERI 1 BANDA ACEH


Pengarang

VIEKA ADYVA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Suryawati - 196307171987032001 - Dosen Pembimbing I
Bintang Zaura - 196311091991032001 - Dosen Pembimbing II
Yuhasriati - 196612311991022001 - Dosen Pembimbing III
Cut Khairunnisak - 198411272015042003 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1706103020031

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Matematika., 2023

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kemampuan penalaran matematis penting untuk dimiliki siswa agar siswa mudah memecahkan masalah pada persoalan matematika. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI berdasarkan gender di SMA Negeri 1 Banda Aceh khususnya pada materi Program Linear. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah 3 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan kelas XI MIPA-1 SMA Negeri 1 Banda Aceh. Data dikumpulkan dengan menggunakan soal tes kemampuan penalaran matematis dan wawancara. Data dianalisis dalam tiga tahap yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil yang ditemukan oleh peneliti pada penelitian ini adalah kemampuan penalaran matematis siswa perempuan lebih unggul dari kemampuan penalaran matematis siswa laki-laki. Dari 9 siswa laki-laki yang mengikuti tes kemampuan penalaran matematis terdapat 55,5% siswa yang memiliki kemampuan penalaran matematis yang tinggi, sedangkan siswa perempuan yang memiliki kemampuan penalaran matematis tinggi mencapai 61,90% dari 13 siswa perempuan yang mengikuti tes. Kendati demikian, tidak ditemukan siswa laki-laki dengan kemampuan penalaran matematis yang rendah pada penelitian ini. Saran kepada guru agar memfasilitasi siswa dengan soal-soal penalaran. Saran kepada siswa agar lebih rajin mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dan lebih memerhatikan penjelasan yang diberikan oleh guru agar tidak terkesan kurang kemampuan penalarannya.

Mathematical reasoning abilities are important for students to have so that students can easily solve problems in mathematical problems. This research was conducted to determine the mathematical reasoning skills of class XI students based on gender at SMA Negeri 1 Banda Aceh, especially in Linear Programming material. The method used in this research is descriptive qualitative research method. The subjects in this study were 3 male students and 3 female students in class XI MIPA-1 SMA Negeri 1 Banda Aceh. Data was collected using mathematical reasoning ability test questions and interviews. Data were analyzed in three stages, namely reducing data, presenting data, and drawing conclusions. The results found by the researchers in this study were that the mathematical reasoning abilities of female students were superior to the mathematical reasoning abilities of male students. Of the 9 male students who took the mathematical reasoning ability test, there were 55.5% of students who had high mathematical reasoning abilities, while female students who had high mathematical reasoning abilities reached 61.90% of the 13 female students who took the test. Nevertheless, there were no male students with low mathematical reasoning abilities in this study. Suggestions to teachers to facilitate students with reasoning questions. Suggestions for students to be more diligent in doing the assignments given by the teacher and pay more attention to the explanations given by the teacher so as not to seem lacking in reasoning abilities.

Citation



    SERVICES DESK