Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP DAYA SERAP SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH
Pengarang
Aulia Purma Irawan - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1706101030023
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Ekonomi (S1) / PDDIKTI : 87203
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Ekonomi., 2023
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Aulia Purma Irawan (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Daya Serap Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Negeri 11 Banda Aceh.
Salah satu model pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru dalam pembelajaran adalah Problem Based Learning, salah satu kelebihan model Problem Based Learning adalah siswa bisa lebih memahami konsep yang diperkirakan berpengaruh terhadap daya serap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya serap siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan daya serap siswa setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI SMA Negeri 11 Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan jenis Quansi-Experiment:One-Group Pretest-Posttest Design.. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 11 Banda Aceh, sampel dalam penelitian ini yaitu siswa XI IS-1 yang berjumlah 28 orang. Instrumen penelitian menggunakan tes dalam bentuk soal pilihan ganda yang berjumlah 25 soal diberikan kepada siswa. Hasil penelitian daya serap siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning memperoleh nilai sebesar 46,70% dan sesudah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning memperoleh nilai sebesar 79,35% . Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan daya serap siswa hal ini ditandai dari nilai t_hitung>t_tabel (19,75> 2,052) maka Ho ditolak, dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap daya serap siswa pada pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri 11 Banda Aceh.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Daya Serap, Siswa SMA Negeri 11 Banda Aceh
ABSTRACT Aulia Purma Irawan (2022). The Effect of Using the Problem Based Learning (PBL) Learning Model on Students' Absorption in Class XI Economics Subjects at SMA Negeri 11 Banda Aceh. One of the learning models that can be used by teachers in learning is Problem Based Learning, one of the advantages of the Problem Based Learning model is that students can better understand concepts that are expected to affect student absorption. This study aims to determine students' absorption before using the Problem Based Learning learning model and students' absorption after using the Problem Based Learning learning model in class XI Economics at SMA Negeri 11 Banda Aceh. This research was conducted using a quantitative method with the type of Quantitative-Experiment: One-Group Pretest-Posttest Design. The population in this study were students of class XI SMA Negeri 11 Banda Aceh, the sample in this study was students XI IS-1, totaling 28 people. The research instrument used a test in the form of multiple choice questions totaling 25 questions given to students. The results of the research on students' absorption before using the Problem Based Learning learning model obtained a value of 46.70% and after using the Problem Based Learning learning model obtained a value of 79.35%. The results of the study also show that the Problem Based Learning learning model is effective in increasing student absorption. This is indicated by the value of t_count>t_table (19.75> 2.052) then Ho is rejected, and Ha is accepted, so it can be concluded that there is an effect of using the Problem Based learning model Learning on students' absorption in Economics learning at SMA Negeri 11 Banda Aceh. Keywords: Problem Based Learning Learning Model, Absorption, Students of SMA Negeri 11 Banda Aceh
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE GROUP INVESTIGATION DAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Mita Prancinitia, 2018)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI KELAS XI SMK NEGERI 1 GUNUNG MERIAH KABUPATEN ACEH SINGKIL (Irawita, 2019)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 2 BANDA ACEH. (Cut Dara Alissha, 2018)
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (Attahillah, 2019)
IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BANDA ACEH (Winda Handayani, 2018)