PENERAPAN STRATEGI INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN DI SMP NEGERI 2RNKUTAPANJANG KABUPATEN GAYO LUES | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN STRATEGI INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN DI SMP NEGERI 2RNKUTAPANJANG KABUPATEN GAYO LUES


Pengarang

Fatmawati - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Andi Ulfa Tenri Pada - 198304212008122003 - Dosen Pembimbing I
Muhibbuddin - 196305141989031002 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1806150010011

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (Gayo Lues) (S1) / PDDIKTI : 84026

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2023

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Fatmawati (2022). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Struktur dan Fungsi Di SMP
Negeri 2 Kutapanjang Kabupaten Gayo Lues.
Penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dalam proses
pembelajaran khususnya materi struktur dan fungsi tumbuhan, siswa dituntut untuk
aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2021,
dengan tujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing
dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan terdapat perbedaan hasil belajar siswa
setelah penerapan strategi inkuiri terbimbing di SMP Negeri 2 Kutapanjang
Kabupaten Gayo Lues. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif.
Instrumen yang digunakan yaitu: RPP, LKPD dan Item tes/soal pilihan ganda yang
berjumlah 40 butir soal. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VIII yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
yaitu (1) Data kemampuan awal siswa dikumpulkan dengan cara pemberian tes awal
dalam kegiatan pre-test, (2) Data kemampuan akhir siswa dikumpulkan dengan cara
pemberian tes akhir dalam kegiatan post-test. Data dianalisis yaitu: (1) Membuat
tabulasi skor pre-test, skor post-test, dan skor N-gain, (2) Menghitung skor pre-test
dan post-test, (3) Menghitung nilai N-Gain,(4) Uji normalitas, (5) Uji homogenitas,
(6) Uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh dari hasil uji t hitung =23,20> t tabel
=2,02 pada taraf signifikan 0,05 dan Rata-rata ( ̅) N-Gain =0,59. Berdasarkan hasil
penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran inkuiri
terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan terdapat perbedaan hasil
belajar siswa setelah penerapan strategi inkuiri terbimbing pada materi struktur dan
fungsi tumbuhan di SMP Negeri 2 Kutapanjang Kabupaten Gayo Lues.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Hasil Belajar Siswa, Struktur dan Fungsi
Tumbuhan.

Fatmawati (2022). Application of Guided Inquiry Learning Strategies for Improving Student Learning Outcomes on Structure and Function Material in Middle School Negeri 2 Kutapanjang Gayo Lues Regency. Application of guided inquiry learning strategies in the process learning especially the material structure and function of plants, students are required to active in learning. This research was conducted in November 2021, with the aim of knowing the application of guided inquiry learning strategies can improve student learning outcomes and there are differences in student learning outcomes after implementing the guided inquiry strategy at SMP Negeri 2 Kutapanjang Gayo Lues Regency. This research uses quantitative analysis method. The instruments used are: lesson plans, worksheets and test items/multiple choice questions totaling 40 questions. The population and sample of this research are all students class VIII which totaled 40 students. Data collection techniques in this study namely (1) Data on students' initial abilities were collected by giving pre-tests in pre-test activities, (2) Data on students' final abilities are collected by means giving the final test in the post-test activity. Data were analyzed namely: (1) Making tabulation of pre-test scores, post-test scores, and N-gain scores, (2) Calculating pre-test scores and post-test, (3) Calculating the N-Gain value, (4) Normality test, (5) Homogeneity test, (6) Test the hypothesis. The research results were obtained from the results of the t test = 23.20> t table = 2.02 at a significant level of 0.05 and the average ( ̅) N-Gain = 0.59. Based on the results From this study it can be concluded that the application of inquiry learning strategies guided can improve student learning outcomes and there are differences in results student learning after the implementation of guided inquiry strategies on structure and material the function of plants in SMP Negeri 2 Kutapanjang, Gayo Lues Regency. Keywords: Learning Strategies, Student Learning Outcomes, Structure and Function Plant.

Citation



    SERVICES DESK