PENGARUH PERILAKU KONSUMEN DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KEBUTUHAN POKOK MASYARAKAT KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH PERILAKU KONSUMEN DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KEBUTUHAN POKOK MASYARAKAT KOTA BANDA ACEH


Pengarang

TEUKU HASWAN CHALID - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Deni Yanuar - 198801262015041002 - Dosen Pembimbing I
Novi Susilawati - 198911162019032018 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1810102010083

Fakultas & Prodi

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Komunikasi(S1) / PDDIKTI : 70201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik., 2023

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Hadirnya pandemi Covid-19 yang melanda dunia tidak hanya berdampak pada perokonomian, namun berdampak juga pada perubahan perilaku konsumen dalam memenuhi kebutuhan pokok sehingga mempengaruhi perilaku konsumen tersebut. Selain itu, pandemi Covid-19 mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian produk sehari-hari baik primer, tesier dan sekunder. Penelitian ini berlokasi di Kota Banda Aceh dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode survei yang dimana peneliti menanyakan ke beberapa orang tentang keyakinan, pendapat, karakteristik suatu obyek dan perilaku yang telah lalu atau sekarang. Untuk menentukan sampel pada penelitian maka peneliti menggunakan rumus Slovin dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga mendapatkan hasil bahwa perilaku konsumen (X) di masa pandemi Covid-19 berpengaruh, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai signifikansi dari uji t sebesar 0,00 < 0,05. Hasil koefisien determinasi yang diperoleh menyatakan bahwa perilaku konsumen (X) dapat menerangkan variansi variabel keputusan pembelian (Y) di masa pandemi covid-19 sebesar 19,5%, sedangkan sisanya 80,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Dapat simpulkan variabel perilaku konsumen (X) di masa pandemi Covid-19 berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) kebutuhan pokok masyarakat di Kota Banda Aceh.
Kata Kunci: Pandemi Covid-19, Perilaku Konsumen, Kebutuhan Pokok

ABSTRACT The presence of the Covid-19 pandemic that has swept the world has not only had an impact on the economy, but has also had an impact on changes in consumer behavior in fulfilling basic needs thereby influencing consumer behavior. In addition, the Covid-19 pandemic has affected consumer decisions in purchasing primary, secondary and everyday products. This research is located in the city of Banda Aceh using a quantitative approach. This study uses a survey method in which the researcher asks several people about past or present beliefs, opinions, characteristics of an object and behavior. To determine the sample for the study, the researcher used the Slovin formula using a purposive sampling technique to get the result that consumer behavior (X) during the Covid-19 pandemic had an effect, this was evidenced by the acquisition of a significance value from the t test of 0.00

Citation



    SERVICES DESK