Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH PERILAKU KONSUMEN DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KEBUTUHAN POKOK MASYARAKAT KOTA BANDA ACEH
Pengarang
TEUKU HASWAN CHALID - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Deni Yanuar - 198801262015041002 - Dosen Pembimbing I
Novi Susilawati - 198911162019032018 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
1810102010083
Fakultas & Prodi
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Komunikasi(S1) / PDDIKTI : 70201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik., 2023
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Hadirnya pandemi Covid-19 yang melanda dunia tidak hanya berdampak pada perokonomian, namun berdampak juga pada perubahan perilaku konsumen dalam memenuhi kebutuhan pokok sehingga mempengaruhi perilaku konsumen tersebut. Selain itu, pandemi Covid-19 mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian produk sehari-hari baik primer, tesier dan sekunder. Penelitian ini berlokasi di Kota Banda Aceh dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode survei yang dimana peneliti menanyakan ke beberapa orang tentang keyakinan, pendapat, karakteristik suatu obyek dan perilaku yang telah lalu atau sekarang. Untuk menentukan sampel pada penelitian maka peneliti menggunakan rumus Slovin dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga mendapatkan hasil bahwa perilaku konsumen (X) di masa pandemi Covid-19 berpengaruh, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai signifikansi dari uji t sebesar 0,00 < 0,05. Hasil koefisien determinasi yang diperoleh menyatakan bahwa perilaku konsumen (X) dapat menerangkan variansi variabel keputusan pembelian (Y) di masa pandemi covid-19 sebesar 19,5%, sedangkan sisanya 80,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Dapat simpulkan variabel perilaku konsumen (X) di masa pandemi Covid-19 berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) kebutuhan pokok masyarakat di Kota Banda Aceh.
Kata Kunci: Pandemi Covid-19, Perilaku Konsumen, Kebutuhan Pokok
ABSTRACT The presence of the Covid-19 pandemic that has swept the world has not only had an impact on the economy, but has also had an impact on changes in consumer behavior in fulfilling basic needs thereby influencing consumer behavior. In addition, the Covid-19 pandemic has affected consumer decisions in purchasing primary, secondary and everyday products. This research is located in the city of Banda Aceh using a quantitative approach. This study uses a survey method in which the researcher asks several people about past or present beliefs, opinions, characteristics of an object and behavior. To determine the sample for the study, the researcher used the Slovin formula using a purposive sampling technique to get the result that consumer behavior (X) during the Covid-19 pandemic had an effect, this was evidenced by the acquisition of a significance value from the t test of 0.00
PENGARUH PENENTUAN HARGA DAN PERILAKU KONSUMEN MUSLIM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RESTORAN ALL YOU CAN EAT DENGAN MINAT SEBAGAI MEDIASI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (TARINA PUTRI SANURA, 2024)
HUBUNGAN PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG COVID-19 TERHADAP PERILAKU PENGGUNAAN SUPLEMEN KESEHATAN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI KAMPUNG GUNUNG BUKIT KABUPATEN ACEH TENGAH (DINA AYU LESTARI, 2022)
HUBUNGAN PENGETAHUAN TERHADAP PERILAKU MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN OBAT TRADISIONAL SELAMA PANDEMI COVID-19 DI KOTA BANDA ACEH (Nadya Sandya, 2021)
ANALISIS LITERASI EKONOMI DAN TINGKAT PENDAPATAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT KOTA BANDA ACEH KETIKA PANDEMI COVID-19 (FARRAS HIDAYATULLAH, 2023)
PENGARUH PERSONALITY TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF DAN KOMPULSIF (STUDI PADA KONSUMEN YANG BERBELANJA PADA DEPARTMENT STORE BANDA ACEH) (RADEN SHAHIBUL AUZAR, 2016)