PERAN GURU DALAM MEMBENTUK NILAI KARAKTER BANGSA PADA TEMA 4 DI KELAS III SD NEGERI 62 BANDA ACEH TAHUN 2022 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PERAN GURU DALAM MEMBENTUK NILAI KARAKTER BANGSA PADA TEMA 4 DI KELAS III SD NEGERI 62 BANDA ACEH TAHUN 2022


Pengarang

Roza Anggraini Manik - Personal Name;

Dosen Pembimbing

M. Husin - 195905271986021002 - Dosen Pembimbing I
Sulaiman - 195904131988031001 - Dosen Pembimbing II
Nurmasyitah - 198505072010122004 - Penguji
Ahadin - 196009181986031004 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1906104040014

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP PGSD., 2023

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Guru berperan penting dalam pembentukan karakter bangsa peserta didik yang sesuai dengan nilai- nilai sila Pancasila guna tercapainya tujuan pendidikan nasional pembentukan nilai- nilai karakter ini dilakukan oleh guru sebagai wujud dari tanggung jawab guru mendidik anak bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan peran guru dalam membentuk nilai karakter bangsa pada Tema 4 di Kelas III. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 62 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah 1 orang guru kelas III SD Negeri 62 Banda Aceh. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang ditunjukkan dari hasil observasi peneliti dan wawancara dengan guru, menujukkan bahwa 1) Peran guru dalam membentuk karakter siswa sudah maksimal, yaitu sebagai pendidik, pengajar,
pembimbing, pengarah, pelatih dan penilai. 2) Peran guru dalam membentuk karakter siswa berpengaruh terhadap karakter yang ditampakan siswa kelas III SDN 62 Banda Aceh, yang meliputi karakter bangsa: jujur, toleransi, disiplin, kreatif, dan mandiri. 3) Peran guru dalam membentuk nilai karakter rasa ingin tahu belum tampak pada diri siswa kelas III SDN 62 Banda Aceh. Simpulan penelitian ini adalah guru telah berperan dengan baik dalam membentuk nilai karakter bangsa, hanya harus ada komitmen dan konsisten melalui kegiatan- kegiatan pembiasaan karakter dalam proses pembelajaran. Para guru juga senantiasa harus memberikan contoh- contoh yang baik. Oleh karena itu perlunya para guru dan tenaga pendidik lainnya bersinergi dalam memaksimalkan pendidikan Karakter bagi peserta didik, agar terwujudnya nilai-nilai karakter bangsa yang diharapkan yang akan berdampak pada kemajuan Indonesia dalam segala bidang karena telah berhasil membentuk karakter pancasilais dalam diri peserta didik.

The teacher plays an important role in the formation of the nation's character of students in accordance with the values of the Pancasila precepts in order to achieve the goals of national education. The formation of these character values is carried out by the teacher as a manifestation of the teacher's responsibility to educate the nation's children. national character on Theme 4 in Class III. This research was conducted at SD Negeri 62 Banda Aceh. This study used a qualitative approach with a descriptive research type. The research subject was 1 class III teacher at SD Negeri 62 Banda Aceh. To obtain data, researchers used data collection techniques through observation and interviews. Based on the research results shown from the results of observations of researchers and interviews with teachers, it shows that 1) The role of the teacher in shaping student character is maximized, namely as educator, teacher, mentor, director, trainer and assessor. 2) The teacher's role in shaping student character influences the character displayed by class III students at SDN 62 Banda Aceh, which includes national character: honest, tolerant, disciplined, creative, and independent. 3) The teacher's role in forming the character value of curiosity has not yet been seen in class III students at SDN 62 Banda Aceh. The conclusion of this study is that the teacher has played a good role in shaping the value of the nation's character, only there must be commitment and consistency through character habituation activities in the learning process. Teachers also always have to give good examples. Therefore it is necessary for teachers and other educators to work together in maximizing Character Education for students, so that the expected national character values will be realized which will have an impact on Indonesia's progress in all fields because they have succeeded in forming the Pancasila character in students.

Citation



    SERVICES DESK