PENGARUH SERTIFIKASI HALAL DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI PRODUK MAKANAN DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA GENERASI Z DI KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH SERTIFIKASI HALAL DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI PRODUK MAKANAN DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA GENERASI Z DI KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Iyana Tasya Zuhira - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Sulaiman - 196710181994031002 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

1901104010102

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Islam (S1) / PDDIKTI : 60202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Ekonomi dan Bisnis., 2023

Bahasa

Indonesia

No Classification

658.827

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antara sertifikasi halal dan harga terhadap minat beli produk makanan dengan brand image sebagai variabel mediasi. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Sampel penelitian merupakan masyarakat generasi Z Kota Banda Aceh berjumlah 100 orang yang diambil berdasarkan teknik Slovin. Pengujian hipotesis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap brand image dan brand image memediasi harga terhadap minat beli produk makanan, sedangkan sertifikasi halal memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap brand image. Ditemukan juga bahwa sertifikasi halal berpengaruh langsung terhadap minat beli produk makanan, sedangkan harga tidak berpengaruh langsung terhadap minat beli produk makanan. Temuan dari penelitian ini memberikan wawasan berharga untuk konsumen, produsen, pemerintah dan pembuat kebijakan karena menyoroti hubungan sertifikasi halal dan harga terhadap minat beli.

This study aims to examine the effect between halal certification and price in the intention of buying food products with brand image as a mediating variable. Data was collected using a questionnaire. The research sample is the generation Z community of Banda Aceh City with 100 people who were taken based on the Slovin techniques. Hypothesis testing using path analysis. The results of this study found that price has a positive and significant effect on brand image and brand image mediates price on purchase intention of food products, while halal certification has a negative and insignificant effect on brand image. It was also found that halal certification had a direct effect on the intention to buy food products, while prices did not have a direct effect on the intention to buy food products. The findings from this study provide valuable insights for consumers, producers, government and policymakers because they highlight the relationship between halal certification and price on purchase intention.

Citation



    SERVICES DESK