KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATERI PELUANG DI SMAN 1 SEUNAGAN KABUPATEN NAGAN RAYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATERI PELUANG DI SMAN 1 SEUNAGAN KABUPATEN NAGAN RAYA


Pengarang

SY. UKHTIA MARDHATILLAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Salasi R - 195707141984031003 - Dosen Pembimbing I
Yuhasriati - 196612311991022001 - Dosen Pembimbing II
Khairul Umam - 197908102008121002 - Penguji
Suryawati - 196307171987032001 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1806103020086

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Matematika., 2023

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Sy. Ukhtia Mardhatillah (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Menyelesaian Masalah Materi Peluang di SMAN 1 Seunagan Kabupaten Nagan Raya.
Matematika berhubungan dengan konsep abstrak yang sering dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, serta memiliki peranan penting dalam berbagai disiplin ilmu. Dalam bidang matematika sangat dibutuhkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Hal ini karena dengan adanya proses berpikir kreatif siswa mampu menyelesaikan masalah yang jarang diberikan dengan cara penyelesaian yang mereka temukan sendiri. Bukan itu saja, berpikir kreatif juga dapat mengembangkan wawasan serta ide-ide yang dimiliki sehingga tidak monoton. Walaupun kemampuan berpikir kreatif itu sangat penting, namun kesadaran siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif masih kurang, seperti ketika siswa dihadapkan pada suatu masalah matematika mereka cendrung mengerjakannya sesuai dengan penjelasan yang guru ajarkan. Padahal siswa dapat melatih diri dengan menjawab masalah dengan soal-soal terbuka dengan penyelesaian yang beragam, sehingga penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelsesaikan masalah pada materi peluang serta mengetahui indikator kemampuan berpikir kreatif apa saja yang masih rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah 6 orang siswa kelas X1 MIA 4 SMAN 1 Seunagan yang dikategorikan dalam kategori nilai tinggi, sedang dan rendah. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa yang dilengkapi oleh pedoman wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan memeriksa hasil tes tulis berdasarkan indikator kemampuan berpikir kreatif yang akan di ukur dan dilakukan wawancara. Analisis data menggunakan teknik triangulasi data. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah tingkat berpikir kreatif siswa kelas XI MIA 4 SMAN 1 Seunagan saat menyelesaikan soal materi peluang pada siswa kategori rendah sebesar 36%, pada siswa kategori sedang presentasenya sebesar 50%, kemudian pada siswa kategori tinggi presentasenya hanya sebesar 14%.

Kata Kunci : Berpikir kreatif, Kemampuan berpikir kreatif matematis, Materi peluang

Citation



    SERVICES DESK