Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
TANGGUNG JAWAB JASA EKSPEDISI DARAT TERHADAP KERUSAKAN BARANG KIRIMAN MILIK KONSUMEN RN(SUATU PENELITIAN DI PT. DAKOTA BUANA SEMESTARNKOTA BANDA ACEH)
Pengarang
Nurfahlita Dewi Rambe - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Indra Kesuma Hadi - 198104252006041002 - Dosen Pembimbing I
Ilyas - 196506281990031001 - Penguji
Khairani - 196703221993032001 - Penguji
Wardah - 197103012006042001 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1903101010004
Fakultas & Prodi
Fakultas Hukum / Ilmu Hukum (S1) / PDDIKTI : 74201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Hukum., 2023
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Perlindungan konsumen merupakan salah satu lembaga perlindungan yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Dalam Pasal 193 Ayat (1) tentang lalu lintas dan angkutan jalan yaitu perusahaan angkutan umum bertanggung jawab atas kerugian yang diderita oleh pengirim barang karena barang musnah, hilang, atau rusak akibat penyelenggaraan angkutan, kecuali terbukti bahwa musnah, hilang, atau rusaknya barang disebabkan oleh suatu kejadian yang tidak dapat dicegah atau dihindari atau kesalahan pengirim. Dalam hal ini PT. Dakota Buana Semesta memberikan ganti kerugian terhadap konsumen yang melakukan pengiriman barang.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan perjanjian pengiriman barang, bentuk kerugian konsumen akibat rusaknya barang kiriman, dan bentuk pelaksanaan tanggung jawab terhadap kerugian konsumen pada PT. Dakota Buana Semesta .
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian yuridis empiris. Penelitian hukum yang bersifat yuridis empiris ini menggunakan data primer yang diperoleh dari lapangan dan memadukan bahan-bahan hukum seperti buku-buku teks, teori-teori, peraturan perundang-undangan, artikel, tulisan ilmiah yang merupakan data sekunder.
Dalam pelaksanaan perjanjian pengiriman barang pengirim wajib memberikan keterangan lengkap tentang alamat tujuan yang akan dikirimkan. Bentuk kerugian konsumen yang mengalami kerusakan dalam pengiriman barang berupa rusaknya sepeda motor yang diderita oleh konsumen dalam laporan yaitu kerusakan barang yang dikirim. Pelaksanaan tanggung jawab PT. Dakota Buana Semesta terhadap kerusakan yaitu memberikan ganti kerugian kepada konsumen sebesar kerugian yang diderita.
Disarankan agar para pihak konsumen agar lebih teliti ketika ingin melaporkan barang yang rusak, supaya dapat terhindar dari tidak diterimanya ganti kerurugian yang akan dilaporkan. Dan PT. Dakota Buana Semesta harus mengganti rugi atas kerusakan yang terjadi akibat kesalahan dalam pengiriman sesuai standar yang berlaku
Tidak Tersedia Deskripsi
TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN TERHADAP WANPRESTASI RUSAKNYA BARANG (SUATU PENELITIAN DI PT GLOBAL JET EXPRESS/J&T EXPRESS BANDA ACEH) (CUT FAZIA JUNINA, 2022)
TANGGUNG JAWAB JASA PENGANGKUTAN BARANG KARGO TERHADAP KERUSAKAN BARANG MILIK KONSUMEN (SUATU PENELITIAN DI PT. BURAQ CAESAR KARGO KOTA BANDA ACEH) (AHMAD FADHIL IZDIHAR, 2024)
TANGGUNG JAWAB PT. INDAH LOGISTIK CARGO TERHADAP RUSAK DAN HILANGNYA BARANG KIRIMAN (SUATU PENELITIAN DI KOTA BANDA ACEH) (FARAH RIEZA, 2019)
PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PENERAPAN KLAUSULA BAKU PADA PERJANJIAN PENGIRIMAN BARANG DI CV. PERDANA EXPRESS (SUATU PENELITIAN DI KOTA BANDA ACEH) (DWIYANTI, 2023)
PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENERIMARNBARANG YANG MENDERITA KERUGIAN DALAMRNLAYANAN EKSPEDISI PT GLOBAL JET EXPRESSRN(PT J&T EXPRESS) BANDA ACEH (HASRA DIANA, 2022)