Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROLEM BASED LEARNING DAN KEAKTIFAN SISWA BELAJAR PPKN DI SMA NEGERI 1 SAMALANGA
Pengarang
RIZKA MALIA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Hasbi Ali - 197011222005011002 - Dosen Pembimbing I
Nomor Pokok Mahasiswa
1806101010061
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (S1) / PDDIKTI : 87205
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP PPKN., 2023
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.302 81
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Guru cenderung menggunakan teknik pembelajaran yang bercorak teoritis dan hafalan sehingga kegiatan pembelajaran berlangsung kaku, monoton, membosankan dan siswa kurang memahami apa yang telah disampaikan oleh guru. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah Untuk mengetahui implementasi model PBL oleh guru PPKn di SMA Negeri 1 Samalanga, Untuk mengetahui apakah implementasi model PBL dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Samalanga. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian Deskriptif. Teknik yang digunakan adalah teknik observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi model PBL oleh guru yaitu (a) Guru memberikan penjelasan secara singkat kepada siswa tentang proses pembelajaran menggunakan model problem based learning yang akan dilakukan. (b) Guru membagikan siswa ke dalam beberapa kelompok. (c) Guru mengarahkan peserta didik untuk berdiskusi sesuai dengan masing-masing kelompoknya. (d) Guru mengarahkan kelompok yang tidak presentasi untuk menanggapi kelompok yang sedang presentasi dengan cara bertanya, menjawab ataupun menyanggah. (e) Guru mengajak peserta didik untuk menyimpulkan kasus permasalahan yang telah didiskusikan. (2) Penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan keaktifan belajar bahwa penerapan model PBL telah membantu siswa untuk lebih aktif berkomunikasi dalam hal berdiskusi kelompok. Pada kegiatan mendengarkan dan memperhatikan guru, siswa telah memberikan respon yang baik. Penerapan model PBL telah menunjukkan keaktifan siswa yaitu siswa mendengarkan dan memperhatikan guru pada saat memberikan materi pembelajaran dengan baik Sedangkan pada keberanian mengungkapkan pendapat dan pertanyaan hanya sebagian siswa saja yang berani untuk mengungkapkan pendapat dan bertanya. Respon siswa pada kegiatan tanggung jawab siswa terhadap tugas telah memberikan respon yang baik.
Teachers tend to use learning techniques that are theoretical and memorized so that learning activities are stiff, monotonous, boring and students do not understand what the teacher has conveyed. The purpose of this research was to find out the implementation of the PBL model by Civics teachers at SMA Negeri 1 Samalanga, to find out whether the implementation of the PBL model could increase student learning activeness in Civics subjects at SMA Negeri 1 Samalanga. This research uses a qualitative approach with a descriptive research type. The technique used is the observation technique. The results of the research show that: (1) Implementation of the PBL model by the teacher, namely (a) The teacher gives a brief explanation to students about the learning process using the problem based learning model that will be carried out. (b) The teacher distributes students into several groups. (c) The teacher directs students to discuss according to each group. (d) The teacher directs the group that is not presenting to respond to the group that is presenting by asking, answering or rebutting. (e) The teacher invites students to conclude the problem cases that have been discussed. (2) The application of the problem-based learning model can increase the activeness of learning that the application of the PBL model has helped students to be more active in communicating in terms of group discussions. In the activities of listening and paying attention to the teacher, students have given good responses. The application of the PBL model has shown student activity, namely students listen and pay attention to the teacher when providing learning material well. Meanwhile, in the courage to express opinions and questions, only some students dare to express opinions and ask questions. Student responses to student responsibility activities for assignments have given a good response.
PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DALAM MATA PELAJARAN PPKN DI SMAN 1 KOTA JANTHO (RISKI ANDAYANI, 2021)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION (PEMBELAJARAN LANGSUNG) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 15 BANDA ACEH (Maghfirah, 2021)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING (PBL) DAN KONVENSIONAL PADA MATERI NORMA DAN KEADILAN DI KELAS VII PADA SMP NEGERI 1 JULI (ELFIANI, 2021)
PENGGUNAAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DAN AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 1 MUTIARA (VINA VEBRIA ALMIRA, 2022)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA VIDEO YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA SMP NEGERI 5 BANDA ACEH (NISA LATIFA, 2024)