Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL TREND IN INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY (TIMSS) MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DI MTSN MODEL BANDA ACEH
Pengarang
Asmaul Husna - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1806103020018
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Matematika., 2023
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Trend in International Mathematics and Science Study (TIMSS) merupakan salah satu penilaian berbasis internasional yang digunakan untuk menilai kemampuan matematika siswa. Berdasarkan hasil TIMSS, kemampuan matematika siswa Indonesia masih sangat rendah. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menjawab soal TIMSS yaitu dengan menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa menyelesaikan soal TIMSS melalui pendekatan RME. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan adalah pre-experimental dengan jenis one-shot case study. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Model Banda Aceh yang terdiri dari 11 kelas, pemilihan sampel dilakukan secara Purposive Sampling sehingga diperoleh kelas VIII/1 sebanyak 36 orang siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes yang terdiri dari 5 soal TIMSS berbentuk uraian. Data dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa menyelesaikan soal TIMSS melalui pendekatan RME dapat mencapai kategori advance (sangat tinggi). Oleh karena itu pendekatan RME dapat diterapkan sebagai alternatif pendekatan pembelajaran guna meningkatkan kemampuan matematika siswa.
Trend in International Mathematics and Science Study (TIMSS) is an internationalbased assessment used to assess students' mathematical abilities. Based on TIMSS results, Indonesian students' math skills are still very low. One way that teachers can do to improve students' ability to answer TIMSS questions is by applying the Realistic Mathematics Education (RME) approach. The purpose of this study was to determine students' ability to solve TIMSS questions using the RME approach. This study uses a quantitative approach. The design used is pre-experimental with the type of one-shot case study. The study population was all students of class VIII MTsN Model Banda Aceh consisting of 11 classes. The sample selection was carried out by purposive sampling so that there were 36 students in class VIII/1. The instrument used in this study was a test consisting of 5 TIMSS questions in the form of a description. Data were analyzed using the t test. The results showed that students' ability to complete TIMSS questions through the RME approach could reach the advanced category (very high). Therefore the RME approach can be applied as an alternative learning approach to improve students' mathematical abilities.
KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA TRENDS INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY (TIMSS) DI KELAS V SD NEGERI 51 BANDA ACEH (DELISMA SIREGAR, 2019)
KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIMSS PADA MATERI ALJABAR DI SMPN 8 BANDA ACEH (RAHIL MASTURAH, 2022)
PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI MELALUI REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DI MTSS SEULIMEUM (Rairita, 2023)
KEMAMPUAN PEMODELAN MATEMATIKA SISWA SMP DALAM MATERI STATISTIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) (T MUHAMMAD MIRSHADIL ULYA, 2022)
STRATEGI SISWA MENYELESAIKAN SOAL PISA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DI SMP NEGERI 19 PERCONTOHAN BANDA ACEH (KHALUKA AHSANA FITRI, 2017)