Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN APOTEK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN DAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH
Pengarang
Keumalasari - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0607101050059
Fakultas & Prodi
Fakultas Kedokteran / Pendidikan Dokter (S1) / PDDIKTI : 11201
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2012
Bahasa
Indonesia
No Classification
614.42
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Pelayanan apotek merupakan bagian dari pelayanan yang mencerminkan kualitas sebuah rumah sakit, Meningkatnya pasien di sejumlah rumah sakit umum daerah mengbaruskan pemerintah untuk selalu mengevaluasi setiap pelayanan yang diberikan. Tujuan penelitian ini adaIah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan apotek di Rumah Sakit Umum Daerah Dr.Zainoel Abidin (RSUDZA) dan Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa (RSUD Meuraxa) Banda Aceh dan hubungannya dengan jenis kelamin, umur, pendidikan, pekerjaan, dan pendapatan berdasarkan dimensi kepuasan, yaitu ketanggapan, kehandalan, kepastian, empati, dan berwujud. Jenis penelitian ini adalah survei analitik menggunakan rancangan cross sectional dengan sampel sebanyak 90 pasien rawat jalan di apotek RSUDZA dan RSUD Meuraxa Banda Aceh. Data di analisis secara univariat, Chi-Square dan dilanjutkan dengan uji Mann-Whitney untuk menilai tingkat kepuasan di kedua apotek rumah sakit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proporsi tingkat puas di RSUDZA 31,1 % dan di RSUD Meuraxa 66,7%. Tingkat kesesuaian antara harapan dan kepuasan di RSUDZA 97,2% dan di RSUD Meuraxa 99,4%. Uji Chi-Square antara karakteristik responden Genis kelamin, umur, pendidikan, pekerjaan, dan pendapatan) terhadap tingkat kepuasan pelayanan apotek di kedua rumah sakit menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna. Uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna antara tingkat kepuasan pelayanan apotek di kedua rumah sakit, Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang bermakna antara tingkat kepuasan pelayanan di kedua apotek dengan tingkat kepuasan lebih tinggi di RSUD Meuraxa. Tingkat kesesuaian relatif sama di kedua apotek rumah sakit, Terdapat hubungan yang bermakna antara karakteristik pasien terhadap tingkat kepuasan pelayanan apotek rumah sakit,
Kata kunci : Tingkat kepuasan, pasien rawat jalan, pelayanan apotek
Tidak Tersedia Deskripsi
GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI DEPO FARMASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN (MASYITAH ISNAINI, 2022)
PERBANDINGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM MEURAXA DAN RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK TAHUN 2013 (Fauzan Safwandi, 2013)
TINGKAT KINERJA PERAWAT DAN KEPUASAN PASIEN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI RUANG RAWAT INAP RSUD MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Maulia Midari, 2022)
GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN KOTA BANDA ACEH (Fara Fatika, 2017)
HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Athiril Jamal, 2016)