PREVALENSI TINGKAT ANSIETAS MENJELANG UJIAN BLOK BERDASARKAN FAKTOR RESIKO PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS SYIAH KUALA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PREVALENSI TINGKAT ANSIETAS MENJELANG UJIAN BLOK BERDASARKAN FAKTOR RESIKO PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS SYIAH KUALA


Pengarang

SITI PERTIWI - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Zulfa Zahra - 198203292008122001 - Dosen Pembimbing I
Vera Dewi Mulia - 197908012006042004 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1907101010153

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran / Pendidikan Dokter (S1) / PDDIKTI : 11201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2023

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Latar Belakang: Program Studi Pendidian Dokter Universitas Syiah Kuala menerapkan metode problem-based learning (PBL) dimana pembelajaran dibagi menjadi sistem blok dan di setiap akhir blok diadakan ujian blok sebagai evaluasinya. Dalam menghadapi ujian blok mahasiswa kedokteran rentan mengalami ansietas yang dapat menghambat fungsi kognitif dan berpengaruh pada performa ketika ujian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prevalensi tingkat ansietas menjelang ujian blok berdasarkan faktor risiko pada mahasiswa pendidikan dokter Universitas Syiah Kuala.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif observasional dengan desain cross sectional. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala angkatan 2020 yang memenuhi kriteria inklusi sebanyak 153 responden. Pengambilan sampel dengan metode total sampling. Analisis statistik yang digunakan adalah univariat.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum sebanyak 52,3% responden berada pada tingkat ansietas normal. Berdasarkan jenis kelamin, didominasi oleh perempuan yaitu 32,7% sedangkan berdasarkan tempat tinggal, ansietas lebih tinggi pada responden yang tinggal di kos yaitu sebanyak 29,4%. Kesimpulan yang diperoleh adalah mayoritas mahasiswa Pendidikan Dokter Angkatan 2020 lebih banyak tidak mengalami ansietas menjelang ujian blok.
Kata Kunci: tingkat ansietas, ujian blok, mahasiswa kedokteran.

Background:The Medical Education Study Program at Syiah Kuala University applies the problem-based learning (PBL) method where learning is divided into a block system and at the end of each block a block exam is held as an evaluation. In facing exams, medical students are prone to experience anxiety which can hinder cognitive function and affect performance during exams. This study aims to determine the prevalence of anxiety levels ahead of exams based on risk factors in medical students at Syiah Kuala University. Methods: This study used a descriptive observational research method with a cross sectional design. The samples of this study were medical education students of the Faculty of Medicine University of Syiah Kuala class of 2020 who met the inclusion criteria of 153 respondents. Sampling using the total sampling method. The statistical analysis used was univariate. Results: The results showed that in general, 52.3% of respondents were at normal anxiety levels. Based on gender, it was dominated by women, namely 32,7%, while based on place of residence, anxiety was higher among respondents who lived in boarding houses, namely as much as 29,4%. The conclusion obtained is that the majority of 2020 Medical Education students do not experience anxiety before the exam. Keywords: level of anxiety, exam, medical students

Citation



    SERVICES DESK