GAMBARAN PENGETAHUAN KADER KESEHATAN TENTANG PELAYANAN POSYANDU DIWILAYAH KERJA PUSKESMAS LAMBARO ANGAN KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2011 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

GAMBARAN PENGETAHUAN KADER KESEHATAN TENTANG PELAYANAN POSYANDU DIWILAYAH KERJA PUSKESMAS LAMBARO ANGAN KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2011


Pengarang

Wan Syahria Fath Azelina - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0407101060041

Fakultas & Prodi

Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2012

Bahasa

Indonesia

No Classification

614

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan yang bersumberdaya masyarakat (UKBM) yang paling dikenal oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan kader kesehatan tentang pelayanan posyandu di wilayah kerja Puskesmas Lambaro Angan Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar Tahun 2011. Penelitian ini bersifat deskritif eksploratif, sampel dalam penelitian sebanyak 52 orang, tehknik pengumpulan sampel menggunakan metode purposive sampling, pengumpulan data dilakukan pada tanggal 3 sampai dengan 5 Januari 2012 di wilayah kerja puskesmas Lambaro Angan Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar tahun 20II. Hasil penelitian di dapat pengetahuan kader kesehatan tentang jenis posyandu berada pada kategori tinggi yaitu sebanyak 28 orang (53,8%), tujuan dan sasaran posyandu berada pada kategori rendah yaitu sebanyak 30 orang (57,7%), pelayanan terpadu berada pada kategori tinggi yaitu sebanyak 29 orang (55,8%), kegiatan posyandu berada pada kategori kurang baik yaitu sebanyak 33 orang (63,5%), pelayanan posyandu berada pada kategori rendah yaitu sebanyak 27 orang (51,9%). Disarankan bagi kader kesehatan agar dapat bekerja sama dengan pemberian pelayanan dan penyuluhan kesehatan untuk mengoptimalkan dukungan terhadap proses pelayanan posyandu, dan bagi Puskesmas Lambaro Angan, khususnya pemberi pelayanan dan penyuluhan kesehatan di masyarakat agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan informasi dalam rangka meningkatkan keefektifan penyuluhan terhadap posyandu.


Kata Kunci : Pengetahuan Kader, Pelayanan Posyandu

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK