HUBUNGAN ANTARA ADMINISTRASI PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN KELUARGA MISKIN PEMEGANG KARTU SEHAT ASKESKIN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ULEE KARENG BANDA ACEH TAHUN 2006 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN ANTARA ADMINISTRASI PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN KELUARGA MISKIN PEMEGANG KARTU SEHAT ASKESKIN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ULEE KARENG BANDA ACEH TAHUN 2006


Pengarang

M.Yahya - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0371120080

Fakultas & Prodi

Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2006

Bahasa

Indonesia

No Classification

614

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Administrasi pelayanan kesehatan merupakan suatu seni untuk mengatur para petugas kesehatan dan non petugas kesehatan untuk meningkatkan kesehatan masyarakai melalui program kesehatan. Salah satu bentuk administrasi yang bertanggung jawab adalah dengan menetapkan kebijaksanaan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan. Kepuasan merupakan tingkatan perasaan seseorang setelah membandingkan hasil yang dirasakan dengan harapannya., Penelirian ini bertujuan untuk mengetahui hubunganan tara administrasi pelayanan kesehatan (perencanaan, pengorganisasian,pelaksanaan) dengan kepuasan keluarga miskin pemegang kartu sehat askeskin di Puskesmas Ulee Kareng Banda Aceh tahun 2006. Pengumpulan data mulai tanggal 9 s/d 12 Agustus 2006. desain penelitian deskriptif korelatif. Metode pengambilan sampel dilakukan secara total sampling dan purposive sampling. jumlah responden sebanyak 36 orang petugas puskesmas dan 36 orang keluarga miskin. Data dikumpulkan dan diukur dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan metode statistik uji Chi Square (X2) dengan a 0,05, df I (X2 tabel = 3,481), diperoleh hasil X2 hitung untuk administrasi kesehatan 4.449. untuk perencanaan 3.878. untuk pengorganisasian 4.761 dan untuk pelaksanaan 4.449. Kesimpulan penelitian diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara administrasi pelayanan kesehatan (perencanaan, pengorganisasian.dan pelaksanaan) dengan keluarga miskin pemegang kartu sehat askeskin. Berdasarkan hasil tersebut dapat disarankan kepada petugas puskesmas agar dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan dalam rangka memenuhi kepuasan masyarakat pada umumnya dan keluarga miskin pemegang kartu sehat askeskin khususnya.

Kata Kunci : Administrasi, pelayanan kesehatan, kepuasan keluarga miskin

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK