Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
HUBUNGAN ANTARA ADMINISTRASI PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN KELUARGA MISKIN PEMEGANG KARTU SEHAT ASKESKIN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ULEE KARENG BANDA ACEH TAHUN 2006
Pengarang
M.Yahya - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0371120080
Fakultas & Prodi
Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2006
Bahasa
Indonesia
No Classification
614
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Administrasi pelayanan kesehatan merupakan suatu seni untuk mengatur para petugas kesehatan dan non petugas kesehatan untuk meningkatkan kesehatan masyarakai melalui program kesehatan. Salah satu bentuk administrasi yang bertanggung jawab adalah dengan menetapkan kebijaksanaan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan. Kepuasan merupakan tingkatan perasaan seseorang setelah membandingkan hasil yang dirasakan dengan harapannya., Penelirian ini bertujuan untuk mengetahui hubunganan tara administrasi pelayanan kesehatan (perencanaan, pengorganisasian,pelaksanaan) dengan kepuasan keluarga miskin pemegang kartu sehat askeskin di Puskesmas Ulee Kareng Banda Aceh tahun 2006. Pengumpulan data mulai tanggal 9 s/d 12 Agustus 2006. desain penelitian deskriptif korelatif. Metode pengambilan sampel dilakukan secara total sampling dan purposive sampling. jumlah responden sebanyak 36 orang petugas puskesmas dan 36 orang keluarga miskin. Data dikumpulkan dan diukur dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan metode statistik uji Chi Square (X2) dengan a 0,05, df I (X2 tabel = 3,481), diperoleh hasil X2 hitung untuk administrasi kesehatan 4.449. untuk perencanaan 3.878. untuk pengorganisasian 4.761 dan untuk pelaksanaan 4.449. Kesimpulan penelitian diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara administrasi pelayanan kesehatan (perencanaan, pengorganisasian.dan pelaksanaan) dengan keluarga miskin pemegang kartu sehat askeskin. Berdasarkan hasil tersebut dapat disarankan kepada petugas puskesmas agar dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan dalam rangka memenuhi kepuasan masyarakat pada umumnya dan keluarga miskin pemegang kartu sehat askeskin khususnya.
Kata Kunci : Administrasi, pelayanan kesehatan, kepuasan keluarga miskin
Tidak Tersedia Deskripsi
FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN GANGGUAN PERKEMBANGAN VERBAL ANAK USIA 5 TAHUN DI KOTA BANDA ACEH (MEILISA SILVIANA, 2020)
ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENERAPAN INDIKATOR KELUARGA SEHAT (IKS) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KABUPATEN ACEH BARAT (FITRI APRIANI, 2020)
FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT (RSGM) UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Nadya Tasya, 2016)
HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPALA KELDARGA DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS ULEE KARENG BANDA ACEH (Zulfikar, 2021)
GAMBARAN TIPOLOGI MASALAH KESEHATAN KELUARGA DI DESA ILIE KECAMATAN ULEE KARENG BANDA ACEH TAHUN 2008 (Fikriyanti, 2022)