PENGALAMAN MAHASISWA ROTASI KLINIK TENTANG PENERAPAN PEMBELAJARAN ETIKA KLINIK DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGALAMAN MAHASISWA ROTASI KLINIK TENTANG PENERAPAN PEMBELAJARAN ETIKA KLINIK DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH


Pengarang

Shofiya Assyifa - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Taufik Suryadi - 197503242006041002 - Dosen Pembimbing I
Rusnaidi - 197003202000121002 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1907101010043

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran / Pendidikan Dokter (S1) / PDDIKTI : 11201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2023

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Etika klinik merupakan salah satu metode pengambilan keputusan klinis yang etis. Penerapan pembelajaran etika klinik pada mahasiswa rotasi klinik, menjadi salah satu cara untuk membantu mahasiswa belajar mengambil keputusan terhadap dilema etik sesuai dengan capaian pembelajaran dalam SNPPDI 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengalaman mahasiswa rotasi klinik tentang penerapan pembelajaran etika klinik di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan rancangan cross sectional yang menggunakan data primer melalui pengisian kuesioner online (g-form) serta teknik consecutive sampling dalam pengambilan sampel. Studi ini menunjukkan bahwa etika klinik telah diterapkan dalam pendidikan profesi dokter di RSUD dr.Zainoel Abidin Banda Aceh. Pengalaman mahasiswa rotasi klinik terkait pembelajaran etika klinik sudah baik, terlihat dari mayoritas responden yang sering mendapatkan pembelajaran terkait kuadran indikasi medis (52,9%-58,6%), kuadran preferensi pasien (44,8%-64,4%), kuadran kualitas hidup (57,5%-63,2%), dan kuadran fitur kontekstual (40,2%-59,8%). Perlu dilakukan pembelajaran etika klinik yang berkesinambungan agar mahasiswa rotasi klinik terbiasa menyelesaikan isu dilema etik di situasi klinik.

Kata kunci : Kuadran 4 Topik, Kurikulum, Dilema Etik

ABSTRACT Clinical ethics is a method of ethical clinical decision making. The application of clinical ethics learning to clinical rotation students is one way to help students learn to make decisions about ethical dilemmas in accordance with the learning outcomes in the 2019 SNPPDI. The purpose of this study was to describe the experience of clinical rotation students regarding the application of clinical ethics learning at dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. This research is a descriptive study with a cross-sectional design that uses primary data through filling out online questionnaires (g-form) as well as consecutive sampling techniques in sampling. This study shows that clinical ethics has been applied in medical professional education at Dr. Zainoel Abidin Hospital Banda Aceh. The experience of clinical rotation students regarding learning clinical ethics is good, as seen from the majority of respondents who often get learning related to the medical indications quadrant (52.9%-58.6%), patient preference quadrant (44.8%-64.4%), the quality of life quadrant (57.5%-63.2%), and the contextual features quadrant (40.2%-59.8%). Continuous learning of clinical ethics is necessary so that clinical rotation students are accustomed to solving ethical dilemmas in clinical situations. Keywords : 4 Topic Quadrant, Curriculum, Ethical Dilemma

Citation



    SERVICES DESK