Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
KETERKAITAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KUTA BARO ACEH BESAR
Pengarang
Asmareni - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0706103020008
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014
Bahasa
Indonesia
No Classification
1
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata kunci : Keterkaitan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar
Keberhasilan proses kegiatan belajar mengajar matematika dapat diukur dari prestasi belajar matematika. Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar matematika, salah satunya adalah motivasi. Motivasi belajar adalah dorongan internal dan eksternal pada siswa-siswa yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku”. Motivasi belajar dapat ditimbulkan dari dalam diri siswa maupun dari luar diri siswa. Siswa tidak memiliki motivasi belajar tidak akan mungkin melakukan aktivitas belajar, dan perbuatan belajar akan terwujud apabila ada motivasi dalam diri siswa . Siswa yang memiliki motivasi tinggi maka prestasi belajar tinggi dan sebaliknya jika motivasi rendah maka pencapaian prestasi belajar juga rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterkaiatan motivasi terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri I Kuta Baro Aceh Besar. Hipotesis dalam penelitian ini adalah tardapat keterkaiatan motivasi terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri I Kuta Baro Aceh Besar. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Kuta Baro Aceh Besar. Sampel sebanyak 28 siswa yaitu seluruh siswa kelas VII. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan nilai hasil raport matematika. Angket digunakan untuk melihat motivasi siswa (ekstrinsik dan intrinsik) selain itu nilai hasil raport digunakan untuk melihat hasil prestasi belajar siswa. Pengolahan data dengan menggunakan korelasi product moment dari Pearson sedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil perhitungan korelasi diperoleh r = 0,5620 dan hipotesis yang di uji dengan taraf signifikan ? = 0,05 dan dk = 28 – 2 = 26, diperoleh thitung > ttabel , yaitu 3,24 > 1,71. Dengan demikian H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa “Terdapat hubungan antara keterkaitan motivasi terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri I Kuta Baro Aceh Besar”. Hasil perhitungan korelasi tersebut menunjukkan bahawa terdapat korelasi/ hubungan positif sedang antara keterkaiatan motivasi terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri I Kuta Baro Aceh Besar.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGARUH MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 2 KUTA BARO ACEH BESAR (Haria Yanti, 2020)
PENGARUH STRATEGI BELAJAR MAJELIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 2 KUTA BARO ACEH BESAR (Eka Setia Waty, 2018)
HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Kartika Sarah, 2015)
HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR (SUATU PENELITIAN PADA SISWA MAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR) (Mahdalena, 2021)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWARNIPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN AJAR 2014-2015 (NAZIRAH, 2015)