TINGKAT KEMAMPUAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS SEBAGAI BENTUK PEMBINAAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SD NEGERI 50RN BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

TINGKAT KEMAMPUAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS SEBAGAI BENTUK PEMBINAAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SD NEGERI 50RN BANDA ACEH


Pengarang

Hayatun Nufus - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006104040173

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata kunci: Pengelolaan Kelas, Pembinaan Kedisiplinan Belajar Siswa

Penelitian ini berjudul “Tingkat Kemampuan Guru dalam Pengelolaan Kelas sebagai Bentuk Pembinaan Kedisiplinan Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di SD Negeri 50 Banda Aceh”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan guru dalam pengelolaan kelas sebagai bentuk pembinaan kedisiplinan belajar siswa pada pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui kemampuan guru dalam pengelolaan kelas sebagai bentuk pembinaan kedisiplinan belajar siswa pada pembelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 20 orang guru mata pelajaran IPS di SD Negeri 50 Banda Aceh. Tehnik pengumpulan data adalah melalui observasi dan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada umumnya guru menciptakan suasana emosional dan hubungan sosial yang positif di kelas. Serta menggunakan pendekatan perubahan tingkah laku dalam pengelolaan kelas. Seluruh guru menanamkan sikap disiplin dalam diri siswa. Guru membangkitkan partisipasi belajar siswa dengan membuat pertanyaan kemudian dilemparkan kepada siswa untuk ditanggapi, guru memberikan tugas yang menantang kepada siswa agar siswa lebih bergairah dalam belajar. Pada umumnya guru menggunakan media yang bervariasi dalam pengelolaan kelas. Pada umumnya guru memberikan pujian dalam merespon prestasi belajar siswa dan menciptakan persaingan antara siswa agar siswa lebih disiplin dalam belajar. Lebih dari setengah guru memberikan teguran, menasehati serta memberi sanksi apabila ada siswa yang sering tidak masuk pelajaran, tidak mengerjakan tugas dan berbuat keributan di kelas.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK