Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
TINGKAT KEMAMPUAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS SEBAGAI BENTUK PEMBINAAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SD NEGERI 50RN BANDA ACEH
Pengarang
Hayatun Nufus - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1006104040173
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.1
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata kunci: Pengelolaan Kelas, Pembinaan Kedisiplinan Belajar Siswa
Penelitian ini berjudul “Tingkat Kemampuan Guru dalam Pengelolaan Kelas sebagai Bentuk Pembinaan Kedisiplinan Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di SD Negeri 50 Banda Aceh”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan guru dalam pengelolaan kelas sebagai bentuk pembinaan kedisiplinan belajar siswa pada pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui kemampuan guru dalam pengelolaan kelas sebagai bentuk pembinaan kedisiplinan belajar siswa pada pembelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 20 orang guru mata pelajaran IPS di SD Negeri 50 Banda Aceh. Tehnik pengumpulan data adalah melalui observasi dan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada umumnya guru menciptakan suasana emosional dan hubungan sosial yang positif di kelas. Serta menggunakan pendekatan perubahan tingkah laku dalam pengelolaan kelas. Seluruh guru menanamkan sikap disiplin dalam diri siswa. Guru membangkitkan partisipasi belajar siswa dengan membuat pertanyaan kemudian dilemparkan kepada siswa untuk ditanggapi, guru memberikan tugas yang menantang kepada siswa agar siswa lebih bergairah dalam belajar. Pada umumnya guru menggunakan media yang bervariasi dalam pengelolaan kelas. Pada umumnya guru memberikan pujian dalam merespon prestasi belajar siswa dan menciptakan persaingan antara siswa agar siswa lebih disiplin dalam belajar. Lebih dari setengah guru memberikan teguran, menasehati serta memberi sanksi apabila ada siswa yang sering tidak masuk pelajaran, tidak mengerjakan tugas dan berbuat keributan di kelas.
Tidak Tersedia Deskripsi
KEMAMPUAN GURU KELAS DALAM PENGELOLAAN KELAS DI SD NEGERI 5 BANDA ACEH (Nina Andriani, 2018)
HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DAN KEDISIPLINAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMA NEGERI 13 DAN SMA NEGERI 15 KOTA BANDA ACEH (PUTROE RAMIYA AZANI, 2022)
HUBUNGAN KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 10 BANDA ACEH (desy wahyuni, 2016)
STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA (zulfadli, 2014)
PEMBINAAN KEDISIPLINAN SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI PIYEUNG ACEH BESAR (Farah Dhiba, 2019)