KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA POLA BILANGAN MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DI SMPN 6 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA POLA BILANGAN MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DI SMPN 6 BANDA ACEH


Pengarang

Nazira - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Yuhasriati - 196612311991022001 - Dosen Pembimbing I
Elizar - 198511192019032011 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1806103020012

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Matematika., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Nazira (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Pola Bilangan melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di SMPN 6 Banda Aceh
Penelitian ini berlatar belakang dari pentingnya kemampuan komunikasi matematis dalam proses pembelajaran matematika, sehingga kemampuan ini perlu dimiliki setiap siswa agar dapat mengorganisasikan ide-ide dan pemikiran ketika menyelesaikan masalah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi pola bilangan melalui pembelajaran dengan pendekatan RME di SMPN 6 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII/4 sebanyak 3 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, kemudian dianalisis dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu kemampuan komunikasi matematis melalui pembelajaran dengan pendekatan RME pada materi pola bilangan mengalami perkembangan yang baik. Siswa dengan kategori tinggi dan sedang berhasil menguasai indikator komunkasi matematis, yaitu drawing, written text, dan mathematical expression, sementara siswa dengan kemampuan komunikasi kategori rendah berhasil menguasai 1 indikator, yaitu written text. Berdasarkan data yang diperoleh, siswa mengalami kesulitan berkomunikasi matematis dalam mengungkapkan ide-ide baik secara lisan ataupun tulisan. Hal ini menyebabkan terjadinya kesalahan dalam menyelesaikan masalah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pembelajaran dengan pendekatan RME selama proses pembelajaran.

Kata Kunci: Kemampuan komunikasi matematis, Realistic mathematics education (RME), Pola bilangan

Students' Mathematical Communication Skills on Number Patterns Through a Realistic Mathematical Education (RME) Approach at SMPN 6 Banda Aceh Abstract. This study is based on the importance of mathematical communication skills in the process of learning mathematics, so that this ability needs to be owned by every student in order to organize ideas and thoughts when solving problems. The purpose of this study was to determine students' mathematical communication skills on number pattern material through learning with the RME approach at SMPN 6 Banda Aceh. This research used descriptive qualitative approach. The research subjects were students of class VIII/4 as many as 3 students. Data collection was done through interviews, then analyzed with three stages, namely data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results obtained are the ability of mathematical communication through learning with the RME approach on number pattern material experienced good development. Students with high and medium categories managed to master the indicators of mathematical communication, namely drawing, written text, and mathematical expression, while students with low category communication skills managed to master 2 indicators, namely drawing and mathematical expression. Based on the data obtained, students have difficulty communicating mathematically in expressing ideas either orally or in writing. This causes errors in solving problems. The results of this study are expected to be a reference in improving students' mathematical communication skills through learning with the RME approach during the learning process. Keywords: Mathematical communication skills, Realistic mathematic education (RME), Number pattern

Citation



    SERVICES DESK