Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI PECAHAN DENGAN KONTEKS ISLAMI DI KELAS VII SMPN 6 BANDA ACEH
Pengarang
IRA YANA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Ellianti - 196510301990022002 - Dosen Pembimbing I
Nomor Pokok Mahasiswa
1806103020049
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Matematika., 2022
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan yang harus dimiliki siswa. Namun saat ini kemampuan pemecahan masalah siswa sebagian besar belum seperti yang diharapkan. Kemampuan pemecahan masalah dapat berkembang apabila permbelajaran yang dilaksanakan dikaitkan dengan kehidupan nyata yang dekat dengan siswa, salah satunya dengan pembelajaran yang mengintegrasikan nilai Islami. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa melalui pembelajaran yang mengintegrasikan nilai Islami di SMPN 6 Banda Aceh. Penelitian ini menjalankan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 32 siswa untuk diberikan soal tes kemudian dipilih 3 siswa untuk diwawancarai. Data kemampuan pemecahan masalah siswa dikumpulkan melalui hasil tes dan wawancara semi terstruktur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa bervariasi. Siswa yang berkemampuan tinggi mampu menerapkan tiap indikator dalam pemecahan masalah, siswa yang berkemampuan sedang umumnya belum dapat menerapkan indikator melaksanakan perencanaan penyelesaian masalah, sedangkan siswa yang berkemampuan rendah belum mampu menerapkan setiap indikator.
Kata Kunci : Kemampuan pemecahan masalah, konteks Islami
Problem solving ability is an ability that students must have. However, currently most students' problem solving abilities are not as expected. Problem solving abilities can develop if the learning carried out is related to real life that is close to students, one of which is learning that integrates Islamic values. The purpose of this study was to determine students' problem-solving skills through learning that integrates Islamic values at SMPN 6 Banda Aceh. This research uses a qualitative approach with descriptive qualitative research. The research subjects were 32 students to be given test questions and then 3 students were selected to be interviewed. Data on students' problem solving abilities were collected through test results and semi-structured interviews. The results of this study indicate that students' problem solving abilities vary. Students with high abilities are able to apply each indicator in problem solving, students with moderate abilities are generally not able to apply the indicators to carry out problem solving planning, while students with low abilities have not been able to apply each indicator. Keywords: Problem solving ability, Islamic context
METHODS APPLIED BY THE TEACHERS IN TEACHING SPEAKING FOR GRADE XII OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A QUALITATIVE STUDY AT SMAN 2 BANDA ACEH) (FRILLA GEUBRINA DJUFRI, 2014)
A DESCRIPTIVE STUDY ON TEACHING READING COMPREHENSION AT SMPN 16 BANDA ACEH (Maulizan ZA, 2014)
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI PECAHAN DENGAN KONTEKS ISLAMI DI KELAS VII SMPN 6 BANDA ACEH (IRA YANA, 2022)
THE USE OF MEDIA IN TEACHING ENGLISH (A SURVEY RESEARCH AT SMPN 19 BANDA ACEH) (Rahmati, 2017)
AN ANALYSIS OF TEACHER’S USE OF ENGLISH IN TEACHING MATHEMATICS (A CASE STUDY AT TEUKU NYAK ARIF FATIH BILINGUAL SCHOOL BANDA ACEH) (Muthia Kumala Dewi, 2018)