PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 9 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 9 BANDA ACEH


Pengarang

FADIA MIRALDA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Yusrizal - 195212311982031020 - Dosen Pembimbing I
Abdul Hamid - 196605251991031003 - Dosen Pembimbing II
Evendi - 196412311991031043 - Dosen Pembimbing III
Ngadimin - 196203281990111001 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1806103030054

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Fisika., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

370.154

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Lingkungan belajar adalah faktor penting dalam proses pembelajaran, jika lingkungan belajar siswa baik, maka siswa akan lebih termotivasi untuk belajar dan merasa lebih nyaman saat proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fisika selama pandemi Covid-19 di SMAN 9 Banda Aceh. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI-IPA di SMAN 9 Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Proportionate Stratified Random Sampling dengan total sampel 60 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu menggunakan uji t dengan tahapan uji regresi linier sederhana dan korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai thitung = 8,383 > dari ttabel = 1,672 berarti Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fisika selama pandemi Covid-19 di SMAN 9 Banda Aceh.
Kata Kunci : Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar, Pandemi Covid-19

The learning environment is an important factor in the learning process, if the student learning environment is good, then students will be more motivated to learn and feel more comfortable when the learning process takes place. The purpose of this study was to determine the effect of the learning environment on student learning motivation in Physics subjects during the Covid-19 pandemic at SMAN 9 Banda Aceh. This type of research uses a quantitative approach. The population in this study were all students of class XI-IPA at SMAN 9 Banda Aceh. The sampling technique used was Proportionate Stratified Random Sampling with a total sample of 60 students. Data collection techniques were carried out using a questionnaire. The data analysis technique used to test the hypothesis is using the t test with the stages of simple linear regression test and product moment correlation. Based on the results of the study, the value of tcount = 8.383> from ttable = 1.672 means that Ho is rejected and Ha is accepted so it can be concluded that there is a positive and significant influence between the learning environment on student learning motivation in Physics subjects during the Covid-19 pandemic at SMAN 9 Banda Aceh. Keywords : Learning Environment, Learning Motivation, Covid-19 Pandemic

Citation



    SERVICES DESK