Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TEMA MAKANAN SEHAT SUBTEMA TUBUH MENGOLAH MAKANAN PB 1 KELAS V SD NEGERI 1 INDRAJAYA KABUPATEN ACEH JAYA
Pengarang
Khairati - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nurhaidah M. Insya Musa - 195703211979032002 - Dosen Pembimbing I
Intan Safiah - 197704052008122002 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
1706104040033
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP PGSD (S1)., 2022
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Problem Based Learning adalah model mengajar dengan fokus pemecahan masalah yang nyata, proses dimana peserta didik melaksanankan kerja kelompok,umpan balik, diskusi yang dapat berfungsi sebagai batu loncatan sebagai inventasi dan penyelidikan dan laporan akhir dengan demikian peserta didik didorong untuk lebih aktif terlibat dalam materi pembelajaran dan mengembangkan keterampilan berfikir kritis. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh Model Problem Based Learning pada hasil belajar peserta didik tema Makanan Sehat Subtema Tubuh Mengolah Makanan Pb 1 Kelas V di SD Negeri 1 Indrajaya Kabupaten Aceh Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Model Problem Based Learning pada hasil belajar peserta didik tema Makanan Sehat Subtema Tubuh Mengolah Makanan Pb 1 Kelas V di SD Negeri 1 Indrajaya Kabupaten Aceh Jaya. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan Model Problem Based Learning pada hasil belajar peserta didik tema Makanan Sehat Subtema Tubuh Mengolah Makanan Pb 1 Kelas V di SD Negeri 1 Indrajaya Kabupaten Aceh Jaya
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen semu dengan desain One Group Pretest Posttest Design. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Indrajaya Kabupaten Aceh Jaya. Pengambilan sampel dengan teknik sampling jenuh dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V di SD Negeri 1 Indrajaya Kabupaten Aceh Jaya. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yaitu pretest dan posttest. Dan teknik analisis data menggunakan uji-tpada taraf signifikan α = 0,05. Dari analisis data, diperoleh thitunng > ttabel = 24,63> 1,714. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis, maka didapati Ho ditolak dan H1 diterima. Sehingga kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan Model Problem Based Learning pada hasil belajar peserta didik tema Makanan Sehat Subtema Tubuh Mengolah Makanan Pb 1 Kelas V di SD Negeri 1 Indrajaya Kabupaten Aceh Jaya diterima.
Problem Based Learning is a teaching model with a focus on real problem solving, a process where students carry out group work, feedback, discussions that can serve as a stepping stone as an investment and investigation and final report so that students are encouraged to be more actively involved in learning materials. and develop critical thinking skills. The formulation of the problem in this research is whether there is an effect of the Problem Based Learning Model on the learning outcomes of students with the theme Healthy Food, Body Processing Food, Pb 1 Class V at SD Negeri 1 Indrajaya, Aceh Jaya Regency. This study aims to determine the significant effect of the Problem Based Learning Model on the learning outcomes of students with the theme Healthy Food, Body Processing Food, Pb 1 Class V at SD Negeri 1 Indrajaya, Aceh Jaya Regency. The hypothesis in this study is that there is a significant effect of the Problem Based Learning Model on student learning outcomes with the theme Healthy Food, Body Processing Food, Pb 1 Class V at SD Negeri 1 Indrajaya, Aceh Jaya Regency. This research approach is a quantitative approach, a quasi-experimental type of research with One Group Pretest Posttest Design. This research was conducted at SD Negeri 1 Indrajaya, Aceh Jaya Regency. Sampling was done using saturated sampling technique and the samples in this study were all fifth grade students at SD Negeri 1 Indrajaya, Aceh Jaya Regency. Data collection techniques using tests, namely pretest and posttest. And the data analysis technique used t-test at a significant level = 0.05. From the data analysis, it was obtained that thitunng > ttable = 24.63 > 1.714. Based on the criteria for testing the hypothesis, it was found that Ho was rejected and H1 was accepted. So the conclusion in this study is that there is a significant effect of the Problem Based Learning Model on student learning outcomes with the theme of Healthy Food, Body Processing Food Sub-theme Pb 1 Class V at SD Negeri 1 Indrajaya, Aceh Jaya Regency is accepted.
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM (RIZKI KUSUMA DEWI, 2020)
PENGARUH MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS IV SD NEGERI 2 BANDA ACEH (Haira Ilmi, 2020)
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PEREDARAN DARAH MANUSIA DI KELAS V SD NEGERI 10 PEUSANGAN (RACHMA ISRAMIATI MARNAS, 2021)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESETIMBANGAN KIMIA (Maini Sari, 2024)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMAN 5 BANDA ACEH (NOVRA RIZKIA, 2020)