Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
HUBUNGAN REGULASI DIRI DENGAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA SMA NEGERI 5 BANDA ACEH
Pengarang
YUSNIDAR - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1806101010051
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (S1) / PDDIKTI : 87205
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP PPKN., 2022
Bahasa
Indonesia
No Classification
370.15
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Yusnidar (2022). Hubungan Regulasi Diri dengan Hasil Belajar PPKn Siswa SMA Negeri 5 Banda Aceh.
Regulasi diri atau pemantauan diri memiliki tempat yang penting dalam diri individu dengan adanya regulasi diri pada siswa hasil belajar yang optimal akan dicapai karena siswa dapat mengontrol diri dalam belajar. Peneliti memberikan gambaran pentingnya regulasi diri yang dimiliki siswa dalam menumbuhkan semangat dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan regulasi diri dengan hasil belajar PPKn siswa SMA Negeri 5 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan populasi 100 orang siswa yang menjadi sampel penelitian ini 80 orang siswa data yang diperoleh pada penelitian ini didapat langsung melalui penyebaran kuesioner. Hasil analisis variabel regulasi diri yang diperoleh dari siswa dengan sampel 80 siswa dengan kategori rendah sebanyak 10 atau 12% siswa, kategori sedang sebanyak 54 atau 68% siswa, kategori tinggi sebanyak 16 atau 20% siswa. Berdasarkan hal tersebut, menunjukkan bahwa variabel regulasi diri berada pada kategori sedang. Siswa tidak menyadari adanya permasalahan dalam pengaturan diri siswa dikarenakan mereka terbebani ketika harus mengatur dirinya dalam tugas yang tidak kunjung selesai yang kemudian akan adanya penundaan terhadap tugas, tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru dengan tepat waktu maupun lepas tanggung jawab terhadap tugasnya. Hasil analisis variabel hasil belajar PPKn yang diperoleh dari nilai rapor siswa dengan sampel 80 siswa, dengan kategori rendah sebanyak 13 atau 16% siswa, dengan kategori sedang sebanyak 50 atau 63% siswa, dan dengan kategori tinggi sebanyak 17 atau 21% siswa. Berdasarkan hal tersebut, menunjukkan bahwa variabel hasil belajar dalam kategori sedang. Tidak adanya usaha yang dilakukan oleh siswa dalam menunjukkan kemauan untuk mengatur diri dalam belajar PPKn berdasarkan pengamatan nilai rapor yang diamati siswa belum menunjukkan adanya kemauan dan kemampuan untuk merencanakan belajarnya. Hasil penelitian ini bahwa berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan teknik korelasi dari pearson, menghasilkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,705 dikatakan terdapat hubungan yang signifikan atau positif antara regulasi diri dengan hasil belajar PPKn. Maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat dikatakan terdapat hubungan antara regulasi diri dengan hasil belajar PPKn siswa SMA Negeri 5 Banda Aceh.
Kata Kunci: Regulasi Diri Dengan Hasil Belajar PPKn Siswa
Yusnidar (2022). The Relationship between Self-Regulation and PPKn Learning Outcomes of SMA Negeri 5 Banda Aceh. Self-regulation or self-monitoring has an important place in the individual. With self-regulation in students, optimal learning outcomes will be achieved because students can control themselves in learning. Researchers provide an overview of the importance of self-regulation that students have in fostering enthusiasm in the learning process. This study aims to determine the relationship between self-regulation and PPKn learning outcomes of SMA Negeri 5 Banda Aceh. This study uses a quantitative approach to the type of correlational research. Sampling in this study used a simple random sampling technique with a population of 100 students who were the sample of this study 80 students. The data obtained in this study were obtained directly through distributing questionnaires. The results of the analysis of self-regulation variables were obtained from students with a sample of 80 students with a low category of 10 or 12% of students, a medium category of 54 or 68% of students, a high category of 16 or 20% of students. Based on this, it shows that the self-regulation variable is in the moderate category. Students are not aware of problems in student self-regulation because they are burdened when they have to organize themselves in unfinished tasks which then cause delays in assignments, not doing assignments given by the teacher in a timely manner or releasing responsibility for their assignments. The results of the analysis of PPKn learning outcomes variables were obtained from student report card scores with a sample of 80 students, with a low category of 13 or 16% of students, with a medium category of 50 or 63% of students, and with a high category of 17 or 21% of students. Based on this, it shows that the learning outcomes variable is in the medium category. There is no effort made by students in showing a willingness to self-regulate in learning Civics based on observations of report cards observed by students who have not shown the willingness and ability to plan their learning. The results of this study are that based on the results of hypothesis testing using the correlation technique from Pearson, it produces a correlation coefficient value of 0.705, it is said that there is a significant or positive relationship between self-regulation and Civics learning outcomes. So it can be concluded that Ha is accepted and Ho is rejected. It can be said that there is a relationship between self-regulation and PPKn learning outcomes for SMA Negeri 5 Banda Aceh. Keywords: Self-Regulation with Student Civics Learning Outcomes
HUBUNGAN IKLIM KELAS DENGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA SMA NEGERI DI BANDA ACEH (MARINA ULFAH, 2020)
HUBUNGAN REGULASI DIRI DAN KECEMASAN AKADEMIS DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 4 KOTA BANDA ACEH (MAULINA ANANDA DEVI, 2019)
HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DENGAN DISIPLIN BELAJAR PADA SISWA SMK NEGERI 2 KOTA BANDA ACEH (IBNU RUDIANSYAH, 2024)
REGULASI DIRI SISWA DALAM BELAJAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING (DIAH SARMELA, 2023)
HUBUNGAN REGULASI DIRI DENGAN KECEMASAN AKADEMIS PADA SISWA SMA NEGERI 1 BANDA ACEH (Iqbal Nugraha, 2017)