ANALISIS DAYA SAING DAN STRATEGI PENGEMBANGAN EKSPOR KOMODITAS PERIKANAN PROVINSI ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS DAYA SAING DAN STRATEGI PENGEMBANGAN EKSPOR KOMODITAS PERIKANAN PROVINSI ACEH


Pengarang

AGUNG GUNAWAN - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Chaliluddin - 197002052008121004 - Dosen Pembimbing I
Junaidi M. Affan - 197805172003121003 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

1811103010058

Fakultas & Prodi

Fakultas Kelautan dan Perikanan / Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (S1) / PDDIKTI : 54246

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Ekspor adalah suatu kegiatan ekonomi dengan memperdagangkan barang
atau komoditas ke luar negeri yang bermanfaat untuk membuka peluang pasar baru
guna menumbuhkan perluasan pasar domestik, investasi, dan devisa bagi suatu
negara atau daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya saing ekspor dan
strategi pengembangan ekspor komoditas perikanan di Provinsi Aceh. Metode
analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Revealed Comparative
Advantage (RCA), Constant Market Share Analysis (CMSA) dan strength, weaknes,
Opportunity, threats (SWOT). Berdasarkan analisis Revealed Comparative
Advantage (RCA) diketahui lima dari total produk ekspor komoditas perikanan
Provinsi Aceh memiliki daya saing, yaitu cumi-sotong-gurita, lemak-minyak-ikan,
kerapu, ikan hias dan tuna-tongkol-cakalang. Kecuali ikan lainya, ikan salem, kakap
merah, lobster, makarel, olahan ikan lainnya, rajungan-kepiting, teripang dan udang.
Hasil analisis Constant Market Share Analysis (CMSA) menunjukkan bahwa kinerja
ekspor komoditas perikanan Provinsi Aceh kurang baik dan sangat fluktuatif pada
periode 2015-2019, dimana kinerja ekspor terbaik terjadi di tahun 2017. Strategi
pengembangan ekspor komoditas adalah dengan menggunakan strategi W-O
(Weakness – Opportunity) yaitu dengan peningkatan produksi komoditas perikanan,
meningkatkan diversifikasi produk ekspor perikanan, memperluas pangsa pasar
ekspor komoditas perikanan.

Export is an economic activity by trading goods or commodities abroad which is useful for opening new market opportunities in order to grow the expansion of the domestic market, investment, and foreign exchange for a country or region. This study aims to determine the competitiveness of exports and strategies for developing fishery commodity exports in Aceh Province. The analytical method used in this research is Revealed Comparative Advantage (RCA), Constant Market Share Analysis (CMSA) and strengths, weaknesses, Opportunity, threats (SWOT) analysis. Based on the Revealed Comparative Advantage (RCA) analysis, it is known that five of the total export products of fishery commodities in Aceh Province have competitiveness, namely squid-cuttlefish-octopus, fat-oil-fish, grouper, ornamental fish and tuna-cob-skipper. Except for other fish, salmon, red snapper, lobster, mackerel, other processed fish, crabs, sea cucumbers and shrimp. The results of the Constant Market Share Analysis (CMSA) analysis show that the export performance of fishery commodities in Aceh Province is not good and very volatile in the 2015- 2019 period, where the best export performance occurred in 2017. The strategy for developing commodity exports is to use the W-O (Weakness – Opportunity) strategy. ) namely by increasing the production of fishery commodities, increasing the diversification of fishery export products, expanding the market share of fishery commodity exports.

Citation



    SERVICES DESK