Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
PENGEMBANGAN SOAL OPEN ENDED DENGAN KONTEKS BUDAYA UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP
Pengarang
Rika Zahra - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Anwar - 196603221991021001 - Dosen Pembimbing I
Nomor Pokok Mahasiswa
2006203020005
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S2) / PDDIKTI : 84102
Subject
Penerbit
Banda Aceh : prog. studi magister pendidikan matematika., 2022
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.302 81
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa penting untuk dimiliki oleh siswa. Salah satu yang mampu mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yaitu dengan pemberian soal open ended. Namun, soal open ended dengan konteks budaya untuk melatih kemampuan berpikir kreatif matematis siswa masih terbatas ketersediaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal open ended dengan konteks budaya untuk melatih kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Tessmer yang terdiri dari tahapan self evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field test. Subjek ujiketerbacaan tahap one to one dan small group dalam penelitian ini adalah siswa SMP YPPU Sigli dan subjek field test adalah siswa SMP Negeri 2 Sigli. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar validasi, lembar kepraktisan dan lembar keefektifan. Teknik analisis data dilakukan oleh peneliti berdasarkan tahapan Tessmer. Hasil penelitian yang dihasilkan yaitu 8 soal open ended dengan konteks budaya untuk melatih kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang valid, praktis dan efektif.
The ability to think creatively mathematically is important for students to have. One that is able to measure students' mathematical creative thinking ability is by giving open ended questions. However, the availability of open ended questions with a cultural context to train students' mathematical creative thinking skills is still limited. This study aims to produce open ended questions with a cultural context to train students' mathematical creative thinking skills which are valid, practical and effective. This research is a development research with the Tessmer model consisting of self-evaluation, expert review, one-to-one, small group, and field test stages. The subjects of the one to one and small group readability tests in this study were students of SMP YPPU Sigli and the subjects of the field test were students of SMP Negeri 2 Sigli. The instruments used in this study were validation sheets, practicality sheets and effectiveness sheets. Data analysis techniques were carried out by researchers based on Tessmer's stages. The results of the research are 8 open ended questions with a cultural context to train students' mathematical creative thinking skills which are valid, practical and effective.
PERKEMBANGAN BERPIKIR KREATIF DAN DISPOSISI BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI ELPSA FRAMEWORK DI SMP (NURHALIMAH, 2016)
IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI MENGGUNAKAN SOAL TES OPEN-ENDED PROBLEM PADA MATERI KOLOID DI SMA/MA KOTA BANDA ACEH (Dzirratur Rahmi, 2017)
KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2020/2021 (ZARINA, 2022)
KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA MATERI SEGIEMPAT DI SMPN 1 SEUNAGAN (Cut Putri, 2021)
KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII SMPN 1 BANDA ACEH (RAUZATUL JANNAH, 2020)