ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK DERU COFFEE DRIP BAG DI BLACK PACU COFFEE BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    LAPORAN KERJA PRAKTEK

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK DERU COFFEE DRIP BAG DI BLACK PACU COFFEE BANDA ACEH


Pengarang

Dea Fazila - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Noratun Juliaviani - 198906092021022101 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

1905002010052

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Manajemen Agribisnis (D3) / PDDIKTI : 54401

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pertanian (D3)., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

658.834 2

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

RINGKASAN


Salah satu aspek yang penting dalam memenangkan persaingan adalah dengan menciptakan kepuasan pada konsumen perusahaan. Kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakan dengan harapannya (Umar, 2002). Selama dan setelah mengkonsumsi produk atau jasa, konsumen mengembangkan rasa Setuju atau tidak Setuju. Hal ini merupakan penilaian evaluatif pasca pemilihan yang disebabkan oleh pengalaman menggunakan dan mengkonsumsi barang atau jasa tersebut. Kepuasan konsumen merupakan faktor yang sangat penting untuk dievaluasi bagi perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang industri makanan dan minuman, termasuk didalamnya Black Pacu Coffee. Beberapa studi tentunga kepuasan konsumen dalam situasi persaingan telah dilakukan dalam berbagi industri termasuk industri makanan dan minuman untuk mengetahui prioritas perbaikan pelayanan. Black Pacu Coffee merupakan sebuah tempat usaha yang tidak hanya menjual kopi, tapi juga berbagai macam minuman panas atau dingin. Salah satu produknya adalah Deru Coffe. Untuk memenangkan persaingan, perusahaan harus mampu memberikan kepuasan bagi para pelanggannya. Oleh karena itu, manajemen Black Pacu Coffee terus berusaha memperkokoh usahanya dengan mengembangkan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen.
Tujuan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap produk Deru Coffee Drip Bag di Black Pacu Coffee Banda Aceh. Dalam mengambilan data digunakan teknik Purpose Sampling. Purpose Sampling adalah teknik penentuan sampel dengan kriteria yang sudah ditentukan peneliti, yaitu konsumen yang membeli produk Deru Coffee. Sampel yang digunakan pada tugas akhir ini sebanyak 35 orang. Pengolahan data pada tugas akhir ini menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan hasil tugas akhir, tingkat kepuasan konsumen terhadap faktor harga, faktor produk, dan faktor kualitas pelayanan dinyatakan Setuju. Ini dapat dilihat berdasarkan persentase responden. Produk memiliki harga yang terjangkau yang mampu bersaing dengan produk lainnya. Kualitas produk juga tidak perlu diragukan karena menggunakan biji kopi arabika specialty. Kopi arabika specialty memiliki rasa serta aroma yang tajam. Deru Coffee Drip Bag memiliki kualitas pelayanan yang baik. Hal ini terlihat selama proses pengiriman pesanan. Konsumen dikonfirmasi kembali mengenai pesanan dan alamat yang dituju. Hal ini dapat membuat proses pengiriman sampai dengan tepat waktu.

SUMMARY One of the important aspects in winning the competition is to create satisfaction for the company's customers. Satisfaction is the level of one's feelings after comparing the perceived performance or results with their expectations (Umar, 2002). During and after consuming a product or service, consumers develop a sense of satisfaction or dissatisfaction. This is a post-election evaluative assessment caused by the experience of using and consuming the goods or services. Consumer satisfaction is a very important factor to be evaluated for companies engaged in the food and beverage industry, including Black Pacu Coffee. Several studies of consumer satisfaction in competitive situations have been carried out in various industries including the food and beverage industry to determine the priority of service improvement. Black Pacu Coffee is a place of business that not only sells coffee, but also various kinds of hot or cold drinks. One of the products is Deru Coffee. To win the competition, the company must be able to provide satisfaction for its customers. Therefore, the management of Black Pacu Coffee continues to try to strengthen its business by developing products that are in accordance with the wishes of consumers. The purpose of this study was to determine the level of consumer satisfaction with the product Deru Coffee Drip Bag at Black Pacu Coffee Banda Aceh. In collecting data, the Purpose Sampling technique was used. Purpose Sampling is a sampling technique with criteria that have been determined by researchers, namely consumers who buy Deru Coffee products. The sample used in this study were 35 people. Data processing in this study used descriptive methods. Based on the results of the study, the level of consumer satisfaction with the price factor, product factor, and service quality factor was stated to be satisfied. This can be seen based on the percentage of respondents. The product has an affordable price that is able to compete with other products. The quality of the product also does not need to be doubted because it uses specialty Arabica coffee beans. Specialty Arabica coffee has a sharp taste and aroma. Deru Coffee Drip Bag has good service quality. This can be seen during the order delivery process. Consumers are re-confirmed regarding the order and the intended address. This can make the delivery process arrive on time.

Citation



    SERVICES DESK