PERSEPSI KELUARGA PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PERSEPSI KELUARGA PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH


Pengarang

M. Fauzan Ilhami - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0807101020096

Fakultas & Prodi

Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2012

Bahasa

Indonesia

No Classification

362.173

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Persepsi seorang pasien atau keluarga dalam melakukan penilaian terhadap suatu mutu pelayanan akan sangat berpengaruh terhadap kepuasan yang akan menghasilkan rasa puas atau tidakpuas terhadap pelayanan tersebut. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap keinginan atau kesediaan dalam memanfaatkan atau menggunakan pelayanan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran persepsi keluarga pasien terhadap mutu pelayanan kesehatan di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh Tahun 2012. Jenis penelitian kuantitatif dengan model deskriptif eksploratif, teknik pengambilan sampel purposive sampling pada 96 responden keluarga pasien di IGD. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dalarm bentuk: skala Likert dengan skala ukur ordinal yang terdiri dari 44 item pernyataan. Analisis data menggunakan metode servqual dan menentukan nilai rata-rata serta persentase distribusi frekuensi. Hasil penelitian diperoleh: dimensi bukti fisik berada pada katagori kurang baik yaitu 77 responden (80,21 %), dimensi kebandalan berada pada katagori kurang baik yaitu sebanyak 83 responden (86,46%), dimensi daya tanggap berada pada katagori kurang baik yaitu sebanyak 75 responden (78,13%), dimensi jaminan berada pada katagori kurang baik yaitu sebanyak 71 responden (73,96%), dan dimensi empati berada pada katagori kurang baik yaitu sebanyak 82 responden (85,42%), secara keseluruhan persepsi keluarga pasien terhadap mutu pelayanan kesehatan di IGD berada pada katagori kurang baik, yaitu 59 orang (61,91%) dari total 96 responden. Diharapkan kepada manajemen RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh agar meningkatkan loyalitas pasien untuk membuat pandangan masyarakat terhadap IGD menjadi lebih baik, maka pihak manajemen perlu memerhatikan kualitas jasa yang diberikan oleh pihak IGD dan dimensi kehandalan menjadi salah satu dimensi yang harus diberikan perhatian secara intensif karena dimensi kehandalan mampu memberikan sumbangan efektif atau kontribusi yang paling besar pengaruhnya terhadap peningkatan loyalitas pasien.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK