PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMAN 1 BAITUSSALAM | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMAN 1 BAITUSSALAM


Pengarang

ZHAIFATUL UKHAIRA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Muhammad Syukri - 198209212006041004 - Dosen Pembimbing I
Zainuddin - 196312311991021002 - Dosen Pembimbing II
Soewarno S - 195609131985031003 - Penguji
Abdul Hamid - 196605251991031003 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1706103030045

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP - Pendidikan Fisika., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.302 81

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian yang berjudul “Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis STEAM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMAN 1 Baitussalam”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berbasis STEAM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan desain Pree Eksperimental Design dengan dengan jenis one group pretest-posttest design.. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI MIA 1 yang berjumlah 22 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes (tes kemampuan berpikir kritis) dan instrumen non tes (RPP, LKPD, lembar pengamatan guru, dan angket respon peserta didik). Hasil analisis data dikelompokkan menjadi 3 yaitu analisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan penelitian. Hasil analisis kevalidan diperoleh dari instrumen tes dan non-tes dengan kategori sangat valid dan hasil kepraktisan rata-rata diperoleh kategori sangat baik. Sedangkan hasil analisis keefektifan diperoleh dari hasil analisis uji-t dan dari angket respon yang dianalisis dengan analisis deskriptif (persentase). Data hasil penelitian uji-t menggunakan Paired sample t-test menggunakan SPSS diperoleh nilai thitung -25,578 dengan signifikasi sebesar ,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat perbedaan peningkatan berpikir kritis siswa kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan pembelajaran berbasis STEAM dengan kelas kontrol, serta hasil respon siswa terhadap pembelajaran berbasis STEAM sangat baik.

The research entitled "The Effect of the Application of STEAM-Based Learning on the Critical Thinking Ability of SMAN 1 Baitussalam Students". This study aims to determine the influence of the application of STEAM-based learning on students' critical thinking ability. This study used the Pree Experimental Design design with the type of one group pretest-posttest design. The sample used was 22 students of class XI MIA 1. The instruments used in this study were test instruments (critical thinking ability tests) and non-test instruments (RPP, LKPD, teacher observation sheets, and student response questionnaires). The results of data analysis are grouped into 3, namely the analysis of the validity, practicality, and effectiveness of the research. The results of the validity analysis were obtained from test and non-test instruments with very valid categories and the average practicality results obtained excellent categories. Meanwhile, the results of the effectiveness analysis were obtained from the results of the t-test analysis and from the response questionnaire which was analyzed by descriptive analysis (percentage). The data from the t-test study using paired sample t-test using SPSS obtained a calculated t value of -25.578 with a signification of .000 < 0.05 which means that H0 is rejected and Ha is accepted, so there is a difference in the increase in critical thinking of experimental class students who are taught using STEAM-based learning with control classes, and the results of student responses to STEAM-based learning are very good.

Citation



    SERVICES DESK