PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAGI SISWA DI SMA NEGERI 1 BANDAR BARU | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAGI SISWA DI SMA NEGERI 1 BANDAR BARU


Pengarang

FITRIA MAISHARA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Maimun - 198104202010121003 - Dosen Pembimbing I
Saiful - 197606142001121002 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1806101010029

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (S1) / PDDIKTI : 87205

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP PPKN., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

025.04

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar bagi siswa di SMA Negeri 1 Bandar Baru, mendeskripsikan kendala dalam memanfaatkan internet sebagai sumber belajar bagi siswa di SMA Negeri 1 Bandar Baru dan mengetahui faktor pendukung dalam pemanfaatan internet sebagai sumber belajar bagi siswa di SMA Negeri 1 Bandar Baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dengan wawancara, dan observasi. Subjek penelitian adalah 8 siswa dan 6 guru. Analisis data menggunakan analisis Miles dan Hubberman. Hasilnya menunjukkan: (1) Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar bagi siswa di SMA Negeri 1 Bandar Baru diterapkan oleh seluruh siswa. Fasilitas yang disediakan berupa komputer dan wifi. Penggunaan internet sebagai sumber belajar digunakan melalui berbagai aplikasi pembelajaran seperti Google, YouTube dan WhatsApp. Waktu yang dihabiskan untuk mengakses internet yaitu kurang dari 1 jam disetiap pelajaran. Intenet digunakan untuk mencari materi, membuat tugas, membagikan bahan pelajaran, diskusi online dan mengakses video. (2) Kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan intenet sebagai sumber belajar yaitu jaringan internet yang tidak selalu stabil, beberapa materi yang di dapatkan di internet susah dipahami, tidak semua materi ditemukan di internet, adanya web yang tidak bisa diakses atau di kunci, dan munculnya kelalaian siswa yang muncul dari penggunaan intenet sebagai sumber belajar. (3) Faktor pendukung yaitu Sumber bacaan di internet lebih lengkap, mempermudah dalam mengerjakan tugas, membantu guru dalam menyampaikan materi, tuntutan dari guru, biaya yang tidak mahal, lebih cepat dalam mencari informasi (mudah diakses), adanya perizinan membawa Handphone, dan suasana belajar yang lebih aktif dan menarik.

Kata Kunci: Pemanfaatan Internet, dan Sumber belajar

This study aims to describe the use of the internet as a learning resource for students at SMA Negeri 1 Bandar Baru, to describe the obstacles in using the internet as a learning resource for students at SMA Negeri 1 Bandar Baru and to find out the supporting factors in using the internet as a learning resource for students at SMA Negeri. 1 New Town. This study uses a qualitative approach to the type of descriptive research. Collecting data by interview, and observation. The research subjects were 8 students and 6 teachers. Analysis of the data using the analysis of Miles and Hubberman. The results show: (1) The use of the internet as a learning resource for students at SMA Negeri 1 Bandar Baru is applied by all students. Facilities provided in the form of computers and wifi. The use of the internet as a learning resource is used through various learning applications such as Google, YouTube and WhatsApp. The time spent accessing the internet is less than 1 hour in each lesson. The internet is used to search for materials, create assignments, share study materials, online discussions and access videos. (2) Constraints faced in using the internet as a learning resource are the internet network that is not always stable, some of the material obtained on the internet is difficult to understand, not all material is found on the internet, the existence of a web that cannot be accessed or locked, and the emergence of negligence students who emerged from the use of the internet as a learning resource. (3) Supporting factors, namely reading sources on the internet are more complete, make it easier to do assignments, help teachers in delivering material, demands from teachers, inexpensive fees, faster in finding information (easy to access), permission to bring cellphones, and an atmosphere more active and interesting learning. Keywords: Keywords: Internet Utilization, and Learning Resources

Citation



    SERVICES DESK