PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MITIGASI BENCANA ALAM PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMAN 1 NURUSSALAM KABUPATEN ACEH TIMUR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MITIGASI BENCANA ALAM PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMAN 1 NURUSSALAM KABUPATEN ACEH TIMUR


Pengarang

Zahratun Nafis - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Mirza Desfandi - 198212132010121001 - Dosen Pembimbing I
M. Hafizul Furqan - 199106092017031101 - Dosen Pembimbing II
Cut Vita Rajiatul Jummi - 199101182019032021 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1506101040024

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Geografi., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Model pembelajaran Problem Solving merupakan cara memberikan pengertian dengan menstimulasi anak didik untuk memperhatikan, menelaah, dan berfikir tentang suatu masalah untuk selanjutnya menganalisis masalah tersebut sebagai upaya untuk memecahkan masalah. Media Audio Visual adalah Media yang memiliki unsur suara dan gambar yang digunakan sebagai perantara dalam menyampaian pesan-pesan dari bahan pelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Peningkatan hasil belajar peserta didik; (2) Aktivitas guru dan peserta didik; (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran; (4) Respon peserta didik terhadap pembelajaran. Subjek penelitian ini ialah peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Nurussalam Kabupaten Aceh Timur dengan jumlah 22 peserta didik. Pengumpulan data penelitian menggunakan lembar tes yaitu pre-test dan post-test, instrumen aktivitas guru dan peserta didik, instrumen keterampilan guru terhadap pembelajaran, dan angket respon peserta didik terhadap pembelajaran. Analisis data menggunakan statistik desktriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Ketuntasan individual pada siklus I sebesar 45.45%, menjadi 73% pada siklus II dan
95% pada siklus III. Ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 33.33%, menjadi 73.33%
siklus II, dan 93.33% pada siklus III. (2) Aktivitas guru dan peserta didik meningkat dari
8 aktivitas yang sesuai pada siklus I, menjadi 9 aktivitas pada siklus II, dan menjadi 11
aktivitas pada siklus III. (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran meningkat dari 2,86 berkategori sedang pada siklus I, menjadi 3,33 berkategori baik pada siklus II, dan 3,75 berkategori sangat baik pada siklus III. (4) Respon peserta didik sebanyak 98% peserta didik menjawab “Ya” bahwa penerapan model pembelajaran Prblem Solving berbantuan media Audio Visual merupakan model yang menyenangkan untuk diterapkan dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, hal ini dikarena peserta didik lebih mudah memahami materi pelajaran dan membuat peserta didik lebih bersemangat untuk mengikuti pelajaran.


Kata Kunci: Penerapan, Problem Solving, Media Audio Visual, Hasil Belajar

Problem Solving learning model is a way of providing understanding by stimulating students to pay attention, examine, and think about a problem to further analyze the problem as an effort to solve the problem. Audio Visual Media is media that has sound and image elements that are used as intermediaries in conveying messages from lesson materials to achieve learning objectives. This research was conducted to determine (1) the improvement of student learning outcomes; (2) activities of teachers and students; (3) the skills of teachers in managing learning; (4) Students' responses to learning. The subjects of this study were students of class XI IPS SMA Negeri 1 Nurussalam East Aceh Regency with a total of 22 students. Collecting research data using test sheets, namely pre-test and post-test, teacher and student activity instruments, teacher skills instruments for learning, and student response questionnaires to learning. Data analysis used descriptive statistics of percentages. The results of this study indicate (1) individual completeness in the first cycle is 45.45%, to 73% in the second cycle and 95% in cycle III. Classical completeness in the first cycle was 33.33%, to 73.33% cycle II, and 93.33% in cycle III. (2) The activities of teachers and students increased from 8 appropriate activities in cycle I, became 9 activities in cycle II, and became 11 activity in cycle III. (3) Teachers' skills in managing learning increased from 2.86 in the moderate category in the first cycle, to 3.33 in the good category in the second cycle, and 3.75 in the very good category in the third cycle. (4) Student responses as many as 98% of students answered "Yes" that the application of the Problem Solving learning model assisted by Audio Visual media is a fun model to apply and can improve student learning outcomes, this is because students are easier to understand the subject matter and make students more enthusiastic to follow the lesson. Keywords: Application, Problem Solving, Audio Visual Media, Learning Outcomes

Citation



    SERVICES DESK