PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWORNSTRAY BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS X IPS-1 MAN 6 ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWORNSTRAY BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PESERTA DIDIK KELAS X IPS-1 MAN 6 ACEH BESAR


Pengarang

NURUL ALAINA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Alamsyah - 195804041986021005 - Dosen Pembimbing I
Mirza Desfandi - 198212132010121001 - Dosen Pembimbing II
Abdul Wahab - 195912311988031017 - Penguji
Fitriani Yulianti - 198307132015012101 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1506101040047

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

370.15

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Alaina, Nurul. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray
Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Peserta
Didik Kelas X IPS 1 MAN 6 Aceh Besar.
Model pembelajaran Two Stay Two Stray merupakan salah satu model
pembelajaran Kooperatif yang menekankan peserta didik untuk belajar
mengkonstruksikan pengetahuannya sendiri melalui kegiatan belajar,dan bisa
menyampaikan informasi kepada peserta didik lainnya. Media Gambar merupakan
suatu media visual yang hanya dapat dilihat saja,akan tetapi tidak mengandung
unsur suara atau audio,media gambar sesuatu yang dapat di wujudkan secara visual
kedalam bentuk dua dimensi sebagai curahan ataupun pemikiran yang bermacam –
macam yang akan membantu peserta didik dalam memahami suatu konsep atau
materi yang akan dipelajari. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui
(1)
Peningkatan hasil belajar peserta didik;
(2)Aktivitas guru dan peserta didik;
(3)
Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran;
(4
)Respon peserta didik
terhadap pembelajaran. Subjek penelitian ini ialah peserta didik kelas X IPS 1 MAN
6 Aceh Besar dengan jumlah 25 peserta didik. Pengumpulan data penelitian
menggunakan lembar tes yaitu pre-test dan post-test, instrumen aktivitas guru dan
peserta didik, instrumen keterampilan guru terhadap pembelajaran, dan angket
respon peserta didik terhadap pembelajaran. Analisis data menggunakan statistik
desktriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan
(1) Ketuntasan individual
pada siklus I sebesar 36%, menjadi 76% pada siklus II, dan 92% pada siklus III.
Ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 30%, menjadi 60% siklus II, dan 90%
pada siklus III.
(2)Aktivitas guru dan peserta didik meningkat dari 7 aktivitas
yang sesuai pada siklus I, menjadi 10 aktivitas pada siklus II, dan menjadi 11
aktivitas pada siklus III.
(3)Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran
meningkat dari 2,50 berkategori sedang pada siklus I, menjadi 3,33 berkategori baik
pada siklus II, dan 3,61 berkategori sangat baik pada siklus III.
(4) Respon peserta
didik sebanyak 95,2% peserta didik menjawab “Ya” bahwa penerapan model
pembelajaran Two Stay Two Stray berbantuan media Gambar merupakan model
yang bisa diterapkan dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, hal ini
dikarenakan peserta didik lebih mudah memahami materi pelajaran dan membuat
peserta didik lebih bersemangat untuk mengikuti pelajaran
Kata Kunci: Penerapan, Two Stay Two Stray, Media Gambar, Hasil Belajar

Citation



    SERVICES DESK