TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUSKESMAS DI KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUSKESMAS DI KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

Novina Rahmati - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0607101010071

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran / Pendidikan Dokter (S1) / PDDIKTI : 11201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2011

Bahasa

Indonesia

No Classification

613

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Pelayanan kesehatan telah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat. Dengan meningkatnya taraf hidup masyarakat, maka semakin meningkat pula tuntutan masyarakat akan kualitas kesehatan. Telah dilakukan penelitian deksriptif dengan metode cross sectional survey mengenai "Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Puskesmas di Kabupaten Aceh Besar". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan masyarakat dalam menerima pelayanan kesehatan dari segi umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan, pekerjaan dan pendapatan. Penelitian ini dimulai pada bulan April 2010 sampai Desember 2011. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 400 responden 5,7% menunjukkan sangat puas terhadap pelayanan puskesmas, dan 94,3% menyatakan puas. Berdasarkan umur, responden yang cenderung lebih puas terhadap pelayanan kesehatan dijumpai pada umur dewasa akhir. Berdasarkan jenis kelamin, responden yang cenderung lebih puas dijumpai pada responden dengan jenis kelamin perempuan. Berdasarkan tingkat pendidikan, responden yang
cenderung lebih puas dijumpai pada responden dengan tingkat pendidikan rendah. Berdasarkan pekerjaan, responden yang cenderung lebih puas dijumpai pada responden yang tidak bekerja. Berdasarkan pendapatan, responden yang cenderung lebih puas terhadap pelayanan kesehatan dijumpai pada responden dengan pendapatan rendah.

Kata Kunci: Kepuasan masyarakat, Pelayanan puskesmas, Kabupaten Aceh Besar.




Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK