PENGARUH ORGANISASI PEMBELAJARAN TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENGARUH ORGANISASI PEMBELAJARAN TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN ACEH


Pengarang

Cut Nurul Zahria Mardian - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Nurdasila - 195711191981032001 - Dosen Pembimbing I
Mahdani - 195907251990021001 - Dosen Pembimbing II
Hamdi Harmen - 196911082002121001 - Penguji
Permana Honneyta Lubis - 195808151985032002 - Penguji
Amri - 196810111994031003 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1901202010012

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Manajemen (S2) / PDDIKTI : 61101

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Ekonomi dan Bisnis (S2)., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

658.314 22

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Abstrak Karya Akhir diserahkan kepada Panitia Komisi Ujian untuk mendapatkan Gelar Magister Manajemen pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala.

PENGARUH ORGANISASI PEMBELAJARAN TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN ACEH

Oleh:
CUT NURUL ZAHRIA MARDIAN
NIM : 1901202010012

Konsentrasi : Manajemen Sumber Daya Manusia

Pembimbing Pertama : Dr. Nurdasila, M.M.
Pembimbing Kedua : Dr. Mahdani Ibrahim, S.E., M.M.

Penelitian ini mengkaji pengaruh organisasi pembelajaran terhadap kepuasan kerja dan komitmen organisasi serta implikasinya terhadap kinerja pegawai. Sampel dalam penelitian ini adalah 144 pegawai pada Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh. Model penelitian diuji menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dan Sobel Test. Hasil membuktikan Organisasi pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, komitmen organisasi dan kinerja pegawai. Kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai secara langsung. Tetapi komitmen organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Kepuasan kerja dapat memediasi hubungan antara pembelajaran organisasi dan kinerja pegawai sedangkan komitmen organisasi tidak dapat memediasi hubungan tersebut. Model ini memberikan kontribusi untuk teori akademik di mana ia menunjukkan bagaimana kepuasan kerja mengungkapkan efeknya sebagai mediasi organisasi pembelajaran pada kinerja pegawai. Sedangkan komitmen organisasi tidak dapat memediasi hubungan organisasi pembelajaran pada kinerja pegawai. Model ini menjadi premis yang memperbaharui teori-teori kausalitas. Batasannya terletak pada jumlah variabel yang diteliti.
Kata Kunci: Organisasi Pembelajaran, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, Kinerja Pegawai

ABSTRACT Abstract of Final Paper Submitted to the Examination Committe in partial fulfilment of the requirements for the degree of Master of Management on Economis and Business Faculty of Syiah Kuala University. THE INFLUENCE OF ORGANIZATIONAL LEARNING ON JOB SATISFACTION AND ORGANIZATIONAL COMMITMENT AND ITS IMPLICATIONS ON EMPLOYEE PERFORMANCE AT THE DEPARTMENT OF MARINE AFFAIRS AND FISHERIES OF ACEH By Cut Nurul Zahria Mardian NIM: 1901202010012 Specialization : Human Resources Management Supervisor : Dr. Nurdasila, M.M Co-Supervisor : Dr. Mahdani, S.E., M.M This study examines the effect of learning organization on job satisfaction and organization commitment and its implications for employe performance. The sample in this study were 144 employe in the Department of Marine Affairs and Fisheries of Aceh. The research model was tested using Structural Equation Modeling (SEM) and Sobel Test. The results proves that learning organization has a significant effect on job satisfaction, organization commitment and employee performance. Job satisfaction effect employee performance directly. But commitment organizational has no significant effect on the employee performance. Job satisfaction can mediate the relationship between organizational learning and employee performance, while organizational commitment cannot mediate the relationship. This model contributes to academic theory where it shows how job satisfaction revealed its effect, as mediation, on organizational learning and employee performance. This model becomes a premises that update the causality theories. The limitation lies in the amount of variables studied. Keywords: Learning Organization, Job Satisfaction, Organization Commitment, Employee Performance

Citation



    SERVICES DESK