IDENTIFIKASI KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

IDENTIFIKASI KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI


Pengarang

YUNITA AYU RIDHA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Ngadimin - 196203281990111001 - Dosen Pembimbing I
A. Halim - 196401071990021001 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1806103030047

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.26

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Pembelajaran fisika tidak lepas dari penguasaan konsep, menerapkannya dalam penyelesaian masalah fisika, dan bekerja secara ilmiah Taksonomi Bloom ranah kognitif merupakan kemampuan intelektual peserta didik dalam berpikir, mengetahui dan memecahkan masalah. Adapun kemampuan memecahkan masalah sendiri merupakan suatu keterampilan yang dimiliki siswa untuk mencapai tujuan yang diinginkan melalui proses dan strategi yang dibutuhkan dengan pengembangan kemampuan yang ada.Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal fisika berdasarkan taksonomi Bloom revisi. Data tersebut dikumpulkan dengan memberikan tes soal uraian kepada siswa kelas X5. Hasil analisis deskriptif kuantitatif diperoleh nilai rata-rata pada tingkat kemampuan mengingat (C1) 90%, memahami (C2) 68%, mengaplikasikan (C3) 68%, menganalisis(C4) 40%, mengevaluasi (C5) 40%, dan mengkreasi (C6) 55%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal fisika berdasarkan taksonomi Bloom revisi untuk tingkatan mengingat, memahami dan mengaplikasikan dikategorikan tinggi dan tingkatan menganalisis, mengevaluasi dan mengkreasi dikategorikan masih rendah.

Learning physics can not be separated from mastering concepts, applying them in solving physics problems, and working scientifically Bloom's Taxonomy in the cognitive domain is the intellectual ability of students to think, know and solve problems. The problem-solving ability itself is a skill possessed by students to achieve the desired goals through the processes and strategies needed with the development of existing abilities. This study aims to identify students' abilities in solving physics problems based on Bloom's revised taxonomy. The data was collected by giving a description test to class X5 students. The results of quantitative descriptive analysis obtained the average value at the level of ability to remember (C1) 90%, understand (C2) 68%, apply (C3) 68%, analyze (C4) 40%, evaluate (C5) 40%, and create ( C6) 55%. Based on these results, it can be concluded that the students' ability to solve physics problems based on the revised Bloom's taxonomy for the level of remembering, understanding and applying is categorized as high and the level of analyzing, evaluating and creating is categorized as low.

Citation



    SERVICES DESK