Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
IDENTIFIKASI KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI
Pengarang
YUNITA AYU RIDHA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1806103030047
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.26
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Pembelajaran fisika tidak lepas dari penguasaan konsep, menerapkannya dalam penyelesaian masalah fisika, dan bekerja secara ilmiah Taksonomi Bloom ranah kognitif merupakan kemampuan intelektual peserta didik dalam berpikir, mengetahui dan memecahkan masalah. Adapun kemampuan memecahkan masalah sendiri merupakan suatu keterampilan yang dimiliki siswa untuk mencapai tujuan yang diinginkan melalui proses dan strategi yang dibutuhkan dengan pengembangan kemampuan yang ada.Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal fisika berdasarkan taksonomi Bloom revisi. Data tersebut dikumpulkan dengan memberikan tes soal uraian kepada siswa kelas X5. Hasil analisis deskriptif kuantitatif diperoleh nilai rata-rata pada tingkat kemampuan mengingat (C1) 90%, memahami (C2) 68%, mengaplikasikan (C3) 68%, menganalisis(C4) 40%, mengevaluasi (C5) 40%, dan mengkreasi (C6) 55%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal fisika berdasarkan taksonomi Bloom revisi untuk tingkatan mengingat, memahami dan mengaplikasikan dikategorikan tinggi dan tingkatan menganalisis, mengevaluasi dan mengkreasi dikategorikan masih rendah.
Learning physics can not be separated from mastering concepts, applying them in solving physics problems, and working scientifically Bloom's Taxonomy in the cognitive domain is the intellectual ability of students to think, know and solve problems. The problem-solving ability itself is a skill possessed by students to achieve the desired goals through the processes and strategies needed with the development of existing abilities. This study aims to identify students' abilities in solving physics problems based on Bloom's revised taxonomy. The data was collected by giving a description test to class X5 students. The results of quantitative descriptive analysis obtained the average value at the level of ability to remember (C1) 90%, understand (C2) 68%, apply (C3) 68%, analyze (C4) 40%, evaluate (C5) 40%, and create ( C6) 55%. Based on these results, it can be concluded that the students' ability to solve physics problems based on the revised Bloom's taxonomy for the level of remembering, understanding and applying is categorized as high and the level of analyzing, evaluating and creating is categorized as low.
ANALISIS TINGKAT KESULITAN BUTIR SOAL FISIKA SBM-PTN 2013 REGIONAL I BERDASARKAN TEORI KOGNITIF REVISI TAKSONOMI BLOOM (Rabiulluddin, 2016)
ANALISIS SOAL EKSPONEN DAN LOGARITMA DALAM BUKU TEKS MATEMATIKA SISWA KELAS X KURIKULUM MERDEKA BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI (SALSABIILA SINA, 2024)
DISTRIBUSI SOAL-SOAL DALAM BUKU TEKS MATEMATIKA KELAS VIII PADA MATERI OPERASI ALJABAR BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM DAN KOMPETENSI MATEMATIS (Maratul Husna, 2018)
KUALITAS ITEM SOAL UJIAN SEMESTER MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM DI SMA SE-KABUPATEN ACEH JAYA TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (MISWA PUTRI RASIDAH, 2016)
ANALISIS SOAL UJI KOMPETENSI ARITMATIKA SOSIAL DALAM BUKU TEKS MATEMATIKA SMP KELAS VII EDISI REVISI 2017 BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM (Mulia Nidar, 2021)