Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
KLASIFIKASI TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN DI FMIPA UNIVERSITAS SYIAH KUALA MENGGUNAKAN METODE CHAID (CHI-SQUARED AUTOMATIC INTERACTION DETECTION)
Pengarang
NISHRINA RAWI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nany Salwa - 197505292008122001 - Dosen Pembimbing I
Latifah Rahayu Siregar - 198409282015042002 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
1808108010021
Fakultas & Prodi
Fakultas MIPA / Statistika (S1) / PDDIKTI : 49201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas MIPA Statistika., 2022
Bahasa
Indonesia
No Classification
519.56
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dipilih oleh Universitas Syiah Kuala sebagai unit kerja yang diajukan untuk memperoleh predikat WBK/WBBM dalam Zona Integritas. Oleh karena itu, FMIPA Universitas Syiah Kuala melaksanakan survei kepuasan pelayanan untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan yang diberikan oleh FMIPA Universitas Syiah Kuala sebagai salah satu komponen penilaiannya Zona Integritas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel-variabel yang memengaruhi tingkat kepuasan mahasiswa terhadap lima dimensi kualitas pelayanan di FMIPA Universitas Syiah Kuala dengan mengklasifikasikan tingkat kepuasan mahasiswa FMIPA Universitas Syiah Kuala menggunakan metode Chi-square Automatic Interaction Detection (CHAID). Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data hasil survei kepuasan pelayanan mahasiswa FMIPA Universitas Syiah Kuala tahun 2021 yang melibatkan 336 mahasiswa sebagai respondennya. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini diketahui sebanyak 300 mahasiswa (89,29%) merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh FMIPA Universitas Syiah Kuala, sedangkan 36 mahasiswa lainnya (10,71%) merasa tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan. Karena terdapat ketidakseimbangan jumlah antar kelas tingkat kepuasan maka dilakukan balancing dengan SMOTE. Klasifikasi yang dihasilkan menggunakan metode CHAID dengan melakukan balancing SMOTE pada kelas minor tergolong dalam kriteria sangat baik dengan nilai Area Under Curver (AUC) sebesar 0,9417. Adapun variabel-variabel yang memengaruhi tingkat kepuasan mahasiswa yang diidentifikasi menggunakan metode CHAID dengan menerapkan SMOTE pada kelas minor yaitu kelas tidak puas terhadap pelayanan di FMIPA Universitas Syiah Kuala yaitu jaminan, empati, bukti fisik, reliabilitas, dan daya tanggap. FMIPA Universitas Syiah Kuala sebaiknya terus meningkatkan kualitas pelayanan dalam segala aspek terutama dalam dimensi-dimensi kualitas pelayanan yang terdapat pada penelitian ini.
Kata kunci: Tingkat kepuasan, kualitas pelayanan, CHAID, SMOTE, AUC
The Faculty of Mathematics and Natural Sciences was selected by Syiah Kuala University as the work unit proposed to obtain the WBK/WBBM predicate in the Integrity Zone. Therefore, FMIPA Syiah Kuala University conducted a service satisfaction survey to determine the level of student satisfaction with the services provided by FMIPA Syiah Kuala University as one of the components of the Integrity Zone assessment. The purpose of this study was to determine the variables that affect the level of student satisfaction towards five dimentions of service quality at FMIPA Syiah Kuala University by classifying the level of satisfaction of FMIPA students at Syiah Kuala University using the Chi-square Automatic Interaction Detection (CHAID) method. The data used in this study is data from the student service satisfaction survey of FMIPA Syiah Kuala University in 2021 which involved 336 students as respondents. The results obtained in this study were 300 students (89.29%) were satisfied with the services provided by FMIPA Syiah Kuala University, while 36 other students (10.71%) were dissatisfied with the services provided. Because there is an imbalance in the number of satisfaction levels between classes, balancing is done with SMOTE. The resulting classification using the CHAID method by balancing SMOTE in the minor class is classified as very good with an Area Under Curver (AUC) value of 0.9417. The variables that affect the level of student satisfaction identified using the CHAID method by applying SMOTE to the minor class are those who are dissatisfied with the service at the Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Syiah Kuala University, namely assurance, empathy, physical evidence, reliability, and responsiveness. FMIPA Syiah Kuala University should continue to improve the quality of service in all aspects, especially in the dimensions of service quality contained in this study. Keywords: Level of satisfaction, service quality, CHAID, SMOTE, AUC
PENERAPAN MOSAIC PLOT DAN METODE CHAID PADA PELAYANAN PUBLIK DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Munira Ulfah, 2017)
KLASIFIKASI MASA STUDI MAHASISWA S1 FMIPA UNSYIAH BERDASARKAN KARAKTERISTIK AKADEMIK MAHASISWA (Jasma Aida, 2015)
PENGGUNAAN METODE CHAID (CHI-SQUARE AUTOMATIC INTERACTION DETECTION) PADA POHON KLASIFIKASI DENGAN SATU PEUBAH RESPON (STUDI KASUS: FMIPA UNSYIAH) (Yuverni Selvy, 2022)
IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK AKADEMIK MAHASISWA S1 FMIPA USK BERDASARKAN MASA STUDI MENGGUNAKAN METODE CHAID (ARIF YUNANDAR, 2023)
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN DOSEN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN TERHADAP PELAYANAN FMIPA UNIVERSITAS SYIAH KUALA MENGGUNAKAN PARTIAL LEAST SQUARE-STRUCTURAL EQUATION MODELING (Indah Ramadani, 2024)