Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI PECAHAN KELAS VII
Pengarang
Lia Khaira - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Drs. M. Hasbi, M.Pd 196207091989031002 - - - Dosen Pembimbing I
Nomor Pokok Mahasiswa
1506103020027
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.33
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dapat dikembangkan melalui suatu pendekatan pembelajaran yaitu matematika realistik. Oleh karena itu, diperlukan rancangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik yang menunjang kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang ringkas namun memiliki tampilan yang menarik. Agar guru tidak kesulitan dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, diperlukan contoh yang dapat dijadikan acuan bagi guru. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran materi pecahan melalui pendekatan matematika realistik untuk tiga pertemuan yang memenuhi kriteria valid. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan melakukan dua dari tiga tahapan Model Plomp, yaitu pengkajian awal dan perancangan. Tahapan penilaian tidak dilakukan dalam penelitian ini dikarenakan tujuan penelitian sudah tercapai setalah dijalankan dua tahapan sebelumnya. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Lembar Kerja Peserta Didik. Sumber data dalam penelitian ini merupakan validator yaitu ahli di bidang Pendidikan matematika. Instrumen yang digunakan pada tahapan pengkajian awal berupa lembar analisis kurikulum dan materi, sedangkan pada tahap perancangan digunakan lembar validasi untuk masing-masing perangkat yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran materi pecahan melalui pendekatan matematika realistik telah memenuhi kriteria valid secara isi dan konstruk. Implikasi dari penelitian ini yaitu perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dapat menjadi acuan dan alternatif bagi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran pada mata pelajaran matematika.
Students' mathematical problem solving abilities can be developed through a learning approach, namely realistic mathematics. Therefore, it is necessary to design a learning device with a realistic mathematical approach that supports students' mathematical problem solving abilities that are concise but have an attractive appearance. So that teachers have no difficulty in developing learning tools, examples are needed that can be used as references for teachers. This study resulted in learning tools for fractions material through a realistic mathematical approach for three meetings that met the valid criteria. This research is a type of development research by conducting two of the three stages of the Plomp model, namely initial assessment and design. The assessment stage was not carried out in this study because the research objectives had been achieved after the previous two stages were carried out. Learning tools developed in the form of lesson plans and student worksheets. The data sources in this study are validators, namely experts in the field of mathematics education. The instrument used at the initial assessment stage is in the form of curriculum and material analysis sheets, while at the design stage a validation sheet is used for each device developed. The results of this study indicate that the learning device for fractions material through a realistic mathematical approach has met the criteria for valid content and constructs. The implication of this research is that the learning tools that have been developed can be a reference and alternative for teachers in preparing learning tools for mathematics subjects.
GAME EDUKASI MATEMATIKA TINGKAT SEKOLAH DASAR (Bengimi Bensu, 2019)
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KARAKTER DI SD MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DISERTAI VIDEO PEMBELAJARAN (Novi Yanti, 2017)
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DIGITAL DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI BILANGAN BULAT DI SMP (Syifa Balqis, 2024)
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DI SEKOLAH DASAR (FATHIYA, 2021)
PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PECAHAN DI KELAS IV SD NEGERI 1 LAMBHEU ACEH BESAR (AYU RAHMAH SINAGA, 2023)