PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI PECAHAN KELAS VII | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI PECAHAN KELAS VII


Pengarang

Lia Khaira - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Drs. M. Hasbi, M.Pd 196207091989031002 - - - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

1506103020027

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dapat dikembangkan melalui suatu pendekatan pembelajaran yaitu matematika realistik. Oleh karena itu, diperlukan rancangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik yang menunjang kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang ringkas namun memiliki tampilan yang menarik. Agar guru tidak kesulitan dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, diperlukan contoh yang dapat dijadikan acuan bagi guru. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran materi pecahan melalui pendekatan matematika realistik untuk tiga pertemuan yang memenuhi kriteria valid. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan melakukan dua dari tiga tahapan Model Plomp, yaitu pengkajian awal dan perancangan. Tahapan penilaian tidak dilakukan dalam penelitian ini dikarenakan tujuan penelitian sudah tercapai setalah dijalankan dua tahapan sebelumnya. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Lembar Kerja Peserta Didik. Sumber data dalam penelitian ini merupakan validator yaitu ahli di bidang Pendidikan matematika. Instrumen yang digunakan pada tahapan pengkajian awal berupa lembar analisis kurikulum dan materi, sedangkan pada tahap perancangan digunakan lembar validasi untuk masing-masing perangkat yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran materi pecahan melalui pendekatan matematika realistik telah memenuhi kriteria valid secara isi dan konstruk. Implikasi dari penelitian ini yaitu perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dapat menjadi acuan dan alternatif bagi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran pada mata pelajaran matematika.

Students' mathematical problem solving abilities can be developed through a learning approach, namely realistic mathematics. Therefore, it is necessary to design a learning device with a realistic mathematical approach that supports students' mathematical problem solving abilities that are concise but have an attractive appearance. So that teachers have no difficulty in developing learning tools, examples are needed that can be used as references for teachers. This study resulted in learning tools for fractions material through a realistic mathematical approach for three meetings that met the valid criteria. This research is a type of development research by conducting two of the three stages of the Plomp model, namely initial assessment and design. The assessment stage was not carried out in this study because the research objectives had been achieved after the previous two stages were carried out. Learning tools developed in the form of lesson plans and student worksheets. The data sources in this study are validators, namely experts in the field of mathematics education. The instrument used at the initial assessment stage is in the form of curriculum and material analysis sheets, while at the design stage a validation sheet is used for each device developed. The results of this study indicate that the learning device for fractions material through a realistic mathematical approach has met the criteria for valid content and constructs. The implication of this research is that the learning tools that have been developed can be a reference and alternative for teachers in preparing learning tools for mathematics subjects.

Citation



    SERVICES DESK