PENERAPAN BAURAN PEMASARAN PRODUK LAYANAN DIGITAL E-MAS PADA PT BANK SYARIAH INDONESIA KCP UNSYIAH DARUSSALAM 1 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    LAPORAN KERJA PRAKTEK

PENERAPAN BAURAN PEMASARAN PRODUK LAYANAN DIGITAL E-MAS PADA PT BANK SYARIAH INDONESIA KCP UNSYIAH DARUSSALAM 1


Pengarang

Aufa Rafif Faherza - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Edy Marsudi - 196305241990031002 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

1905002010041

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Manajemen Agribisnis (D3) / PDDIKTI : 54401

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pertanian (D3)., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

658.83

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

RINGKASAN
PT Bank Syariah Indonesia, Merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perbankan syariah Indonesia. perusahaan ini merupakan gabungan dari 3 jenis bank yang ada di Indonesia, yaitu BNI Syariah, BRI Syariah, dan Mandiri Syariah. PT Bank Syariah Indonesia menjadi pilihan penulis dalam penulisan Tugas Akhir. Tujuan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui Penerapan Bauran Pemasaran dan STP Produk e-mas . Lokasi penelitian bertempatkan PT Bank Syariah Indonesia KCP Unsyiah Darussalam Gedung AAC Prof. Dr. Dayan Dawood, Jl. Teuku Nyak Arief Kampus Unsyiah Darussalam Kota Banda Aceh 23111, Aceh, Indonesia.

Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dalam penulisan laporan Tugas Akhir ini menggunakan metode analisis deskriptif. Populasi pada tugas akhir ini adalah pegawai Bank Syariah Indonesia di KCP Unsyiah Darussalam 1 dan cara pengambilan sampel menggunakan purposive sample. Pengumpulan data primer dilakukan dengan cara melakukan kegiataan wawancara kepada pihak marketing dan salah satu customer services secara langsung dan melakukan observasi. sedangkan data sekunder diperoleh dengan membaca jurnal dan buku serta sumber yang berkaitan dengan data.

Berdasarkan hasil Tugas Akhir ini, Bauran pemasaran berdasarkan 7P dan STP pemasaran pada e-mas 7P dari menjelaskan Product dengan keunggulan yang terdapat pada produk seperti dapat membeli dan menjual emas secara langsung, dan price yang dimulai dari Rp. 100.000 untuk pembukaan awal dan membeli emas dengan minimal Rp.50.000, Place yang strategis dan mudah dijangkau oleh masarakat dalam artian masyakat mudah untuk mengetahui mengenai produk yang berlokasi di gedung AAC Dayan Dawood, dengan Promotion yang menarik melalui media iklan, penjualan pribadi dan social media, People dengan karyawan yang memiliki informasi yang lengkap mengenai produk, Procces yang mudah dan Physical evidence agar masyarakat percaya terhadap produk tersebut. dan Penerapan STP (Segmentasi,targeting,positioning) terhadap strategi pemasaran e-mas dapat membantu tercapainya sasaran dalam pemasaran. dengan membagi segmentasi yang jelas tergantung dengan situasi kondisi yang ada, dengan membuat target khusus dan memposisikan produk dengan menonjolkan kualitas dan kelebihan dari suatu produk tersebut. segmentasi demografis, psikografis dan tingkah laku, targeting dan positioning pada pemasaran akan menjadi tepat sasaran. Minimum untuk bisa mendapatkan layanan digital e-mas sebesar Rp.50.000 atau sekitar 0.05 gram.

SUMMARY PT Bank Syariah Indonesia, is a company engaged in the field of Indonesian Islamic banking. This company is a combination of 3 types of banks in Indonesia, namely BNI Syariah, BRI Syariah, and Mandiri Syariah. PT Bank Syariah Indonesia became the writer's choice in writing the Final Project. The purpose of this final project is to find out the application of the marketing mix and STP for e-gold products. The research location is PT Bank Syariah Indonesia KCP Unsyiah Darussalam AAC Prof. Building. Dr. Dayan Dawood, Jl. Teuku Nyak Arief Unsyiah Darussalam Campus Banda Aceh City 23111, Aceh, Indonesia. The method used in collecting data in writing this Final Project report uses descriptive analysis method. The population in this final project are employees of Bank Syariah Indonesia at KCP Unsyiah Darussalam 1 and the sampling method used is purposive sample. Primary data collection is done by conducting interviews with the marketing and one of the customer services directly and making observations. while secondary data is obtained by reading journals and books as well as sources related to the data. Based on the results of this Final Project, the marketing mix based on the 7Ps and STP marketing on 7P's e-mas from explaining the product with the advantages contained in the product such as being able to buy and sell gold directly, and the price starting from Rp. 100,000 for the initial opening and buying gold with a minimum of Rp. 50,000, a strategic place and easy to reach by the public in the sense that it is easy for the public to find out about products located in the AAC Dayan Dawood building, with attractive promotions through advertising media, personal sales and social media Browse with employees who have complete information about products, easy processes and physical evidence so that people believe in these products. and the application of STP (segmentation, targeting, positioning) to the e-mas marketing strategy can help achieve the target in marketing. by dividing a clear segmentation depending on the existing conditions, by making specific targets and positioning the product by highlighting the quality and advantages of a product. demographic, psychographic and behavioral segmentation, targeting and positioning in marketing will be right on target. The minimum to be able to get digital e-mas services is IDR 50,000 or about 0.05 grams.

Citation



    SERVICES DESK