MANAJEMEN STRATEGIK DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

MANAJEMEN STRATEGIK DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Nimmi Fauziah Pohan - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Murniati AR - 196005071986022001 - Dosen Pembimbing I
Bahrun - 195908241987021001 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2009200050006

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

658.401 2

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

MANAJEMEN STRATEGIK DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN
DI KOTA BANDA ACEH

Oleh : Nimmi Fauziah Pohan
NPM : 2009200050006

Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Murniati AR, M. Pd.
2. Dr. Bahrun, M. Pd.

ABSTRAK
Manajemen memiliki peran penting terhadap peningkatkan mutu pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Formulasi stretegik dalam meningkatkan mutu pendidikan; (2) Implementasi stretegik dalam meningkatkan mutu pendidikan; (3) Evaluasi strategik dalam meningkatkan mutu pendidikan; dan (4) Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi stratejik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Subjek penelitian yaitu: kepala dinas pendidikan dan kebudayaan kota Banda Aceh, sekretaris, kepala bidang, kepala sekolah, pengawas sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Formulasi strategik dalam meningkatkan mutu pendidikan disesuaikan dengan kebutuhan pendidikan melalui analisis visi misi Kota Banda Aceh serta melaksanakan analisis SWOT terlebih dahulu sebagai kebijakan dimasa yang akan datang; (2) Implementasi strategik dimulai penempatan pejabat struktural dan fungsional tertentu sesuai Anjab berasal dari tenaga fungsional guru, eks kepala sekolah dan pengawas sekolah., memaksimalkan peran seluruh stakeholder untuk bertanggung jawab pada tugas dan fungsi yang telah diemban, melaksanakan pembinaan kepala sekolah, pembinaan guru, dan pembinaan tenaga kependidikan; (3) Evaluasi strategik dalam meningkatkan mutu pendidikan dilaksanakan (a) Menentukan indikator pengukuran; (b) Menetapkan standard pengukuran; (c) Penilaian kinerja dan aksi nyata; (d) Mengambil tindakan koreksi; dan (e) Menyusun rencana tindak lanjut. (4) Faktor yang mempengaruhi implementasi startegik dalam meningkatkan mutu pendidikan yaitu: (a). Rencana strategis yang telah ditetapkan; (b) Analisis lingkungan internal dan eksternal; (c) Budaya kerjasama di lingkungan Dinas Pendidikan; (d) Analisis SWOT yang dilakukan; (e) Dukungan sumber daya manusianya; (f) Dukungan digitalisasi dan teknologi yang semakin baik; (g) evaluasi yang dilakukan; (h) letak strategis dinas pendidikan dan kebudayaan yang berada di pusat Ibu Kota Provinsi Aceh; (i) Latar belakang pendidikan Kepala Dinas, kepala sekolah, pengawas sekolah dan pejabat lainnya di lingkungan dinas pendidikan memiliki kualifikasi pendidikan S-2 yang relevan.

Kata Kunci : Manajemen Strategik dan Peningkatan Mutu Pendidikan

STRATEGIC MANAGEMENT OF EDUCATION AND CULTURE AGENCY IN IMPROVING QUALITY OF EDUCATION IN BANDA ACEH CITY ABSTRACT (Nimmi Fauziah Pohan) Management has an important role in improving the quality of education. The purpose of this study was to determine: (1) the strategic formulation in improving the quality of education; (2) strategic implementation in improving the quality of education; (3) Strategic evaluation in improving the quality of education; and (4) factors influencing strategic implementation. A qualitative approach and a descriptive method were employed in this study. The data were collected through interviews, observation and documentation. The research subjects were the head of the Education and Culture Agency of Banda Aceh City, the secretary, and the heads of division, the school principal, and the school supervisor. The results showed that (1) the strategic formulation in improving the quality of education was adjusted by analyzing Banda Aceh’s Vision-Mission and carrying out a SWOT analysis as a policy for the future. In addition, (2) the strategic implementation started with placing the functional staff of teachers, former school principals and school supervisors in certain structural and functional positions according to the job analysis, maximizing the role of all stakeholders to be responsible for their tasks and functions, and facilitating trainings for the school principals, teachers and education staff. Moreover, (3) the strategic evaluation in improving the quality of education was carried out by (a) determining measurement indicators; (b) arranging measurement standards; (c) supporting performance appraisal and concrete action; (d) taking corrective action; and (e) developing a follow-up plan. Finally, (4) the factors influencing the implementation of strategies in improving the quality of education were: (a) the strategic plan that has been established; (b) internal and external environmental analysis; (c) culture of cooperation within the Education Office; (d) SWOT analysis that has been performed; (e) human resources; (f) improved digitalization and technology; (g) evaluation that has been carried out; (h) the strategic location of the Education and Culture Agency in the center of the capital city of Aceh Province; (i) educational background of the Head of the agency, school principals, school supervisors and other officials within the Education and Culture Agency having relevant qualifications of master degree. Keywords: Strategic Management, Improvement of Quality of Education

Citation



    SERVICES DESK