ANALISIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MAHASISWA PLP II FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA BERDASARKAN KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN ABAD 21 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MAHASISWA PLP II FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA BERDASARKAN KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN ABAD 21


Pengarang

ZIDNA RIZQA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Suryawati - 196307171987032001 - Dosen Pembimbing I
Anwar - 196603221991021001 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1506103020047

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Matematika., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Perubahan paradigma pendidikan pada abad 21 terus berkembang seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Perkembangan tersebut merupakan cikal bakal dicetusnya beberapa keterampilan pembelajaran abad 21 yang harus dimiliki siswa, diantaranya critical thinking (berpikir kritis), communication (komunikasi), collaboration (kolaborasi) dan creativity (kreativitas) atau biasanya disebut keterampilan 4C. Mahasiswa kependidikan sebagai calon guru diharapkan mampu menerapkan pembelajaran abad 21 sesuai ketentuan program PLP II yang telah ditentukan. Program PLP II telah menyusun kegiatan pratikan sebagaimana pembelajaran abad 21 namun informasi yang diperoleh belum ada riset yang menganalisis terkait kegiatan pembelajaran abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pelaksanaan pembelajaran matematika mahasiswa PLP II FKIP Universitas Syiah Kuala berdasarkan karakteristik pembelajaran abad 21. Subjek penelitian ini terdiri atas dua mahasiswa program studi pendidikan matematika FKIP universitas Syiah Kuala yang telah menyelesaikan program PLP II dengan baik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui kegiatan dokumentasi (video pembelajaran), observasi dan wawancara dengan instrumen berupa lembar obesrvasi dan pedoman wawancara. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika mahasiswa PLP II FKIP Universitas Syiah Kuala telah memenuhi beberapa karakteristik pembelajaran abad 21, yakni keterampilan berpikir kritis, komunikasi dan kolaboratsi namun masih kurang dalam merealisasikan keterampilan kreativitas.
Kata Kunci: Analisis Pembelajaran Matematika, Mahasiswa PLP II, Pembelajaran Abad 21, Berpikir Kritis, Komunikasi, Kolaborasi, Kreativitas.

Changes in the educational paradigm in the 21st century continue to develop along with the development of science and technology. This development is the forerunner to the emergence of several 21st century learning skills that students must possess, including critical thinking (critical thinking), communication (communication), collaboration (collaboration) and creativity (creativity) or usually called 4C skills. Educational students as prospective teachers are expected to be able to apply 21st century learning in accordance with the predetermined PLP II program provisions. The PLP II program has arranged practical activities as in 21st century learning, but the information obtained has not yet analyzed research related to 21st century learning activities. This study aims to identify the implementation of mathematics learning for PLP II FKIP students at Syiah Kuala University based on the characteristics of 21st century learning. The subject of this research consists of two students of the Mathematics Education Study Program at Syiah Kuala University who have successfully completed the PLP II program. This research method uses a qualitative approach with a descriptive method. The data in this study were collected through documentation activities (learning videos), observations and interviews with instruments in the form of observation sheets and interview guidelines. The data were analyzed through the stages of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that the mathematics learning of PLP II FKIP students at Syiah Kuala University had fulfilled several characteristics of 21st century learning, namely critical thinking, communication and collaboration skills but were still lacking in realizing creativity skills. Keywords: Analysis of Mathematics Learning, PLP II Students, 21st Century Learning, Critical Thinking, Communication, Collaboration, Creativity.

Citation



    SERVICES DESK