ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI LINGKARAN DI MTSN 2 ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI LINGKARAN DI MTSN 2 ACEH BESAR


Pengarang

Novia Syafitri - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Ellianti - 196510301990022002 - Dosen Pembimbing I
Dewi Annisa - 198802152019032015 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1806103020008

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.302 81

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Novia Syafitri (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Lingkaran di MTsN 2 Aceh Besar

Penelitian ini dilatarbelakangi dari pentingnya kemampuan representasi dalam pembelajaran matematika, sehingga perlu dimiliki oleh setiap siswa agar dapat mengorganisasikan idenya ketika menyelesaikan masalah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa pada materi lingkaran di MTsN 2 Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII-1 sebanyak 31 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan wawancara, kemudian dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa tingkat kemampuan representasi matematis siswa termasuk dalam kategori sangat tinggi untuk representasi visual, kategori tinggi untuk representasi simbolik, dan kategori sedang untuk representasi verbal. Adapun siswa kelompok tinggi mampu memenuhi semua aspek representasi yaitu visual, simbolik, dan verbal, siswa kelompok sedang mampu memenuhi dua aspek representasi yaitu visual dan simbolik, dan siswa kelompok rendah hanya mampu memenuhi satu aspek representasi yaitu visual. Beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat kemampuan representasi siswa diantaranya siswa masih sulit menggambar bangun geometri, membuat model matematika, dan menyampaikan ide matematis dengan kata-kata. Hal yang menjadi penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal representasi yaitu siswa tidak mencermati soal dengan baik, tidak mengulang kembali materi yang diterima, lemah dalam menganalisis masalah, kurang teliti dan pengalaman dalam mengerjakan soal representasi, sehingga kemampuan representasinya tidak berkembang. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat menjadi referensi guru dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa dengan melatihnya mengerjakan soal-soal representasi, agar siswa terbiasa menyelesaikan soal dengan menggunakan berbagai representasi matematis.

Kata Kunci: Analisis, Kemampuan representasi matematis, Lingkaran

Novia Syafitri (2022). Analysis of Students' Mathematical Representation Ability on Circle Material at MTsN 2 Aceh Besar This research is motivated by the importance of representational abilities in learning mathematics, so every student must be able to organize their ideas when solving problems. The purpose of this study is to determine the ability of students' mathematical representation in the circle material. This study uses a descriptive qualitative approach. The research subjects were 31 students of class VIII-1 MTsN 2 Aceh Besar. Data was collected through tests and interviews. The results showed that the level of students' mathematical representation ability was included in the very high category for visual representation, high category for symbolic representation, and medium category for verbal representation. High group students fulfill all aspects of representation, namely visual, symbolic, and verbal, medium group students meet two representation aspects, namely visual and symbolic, and low group students only meet one aspect of representation, namely visual. Several factors affect the level of representation ability, namely the difficulty of students making geometric drawings, mathematical models, and conveying mathematical ideas with words. The causes of student errors in solving problems are not paying close attention to the questions, not repeating the previous material, weak in analyzing problems, and lack of thoroughness and experience in working on representational problems, so their representational abilities do not develop. Based on the results of the study, it is hoped that it can be a teacher reference in improving students' representational abilities by training them to work on representational problems so that students are accustomed to solving problems using various mathematical representations. Keywords: Analysis, Mathematical representation ability, Circle

Citation



    SERVICES DESK