MANAJEMEN KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

MANAJEMEN KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMA BANDA ACEH


Pengarang

Maulidin - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Nasir Usman - 196012311985111003 - Dosen Pembimbing I
Bahrun - 195908241987021001 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2009200050027

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pasca Sarjana (S2)., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.201 2

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

MANAJEMEN KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMA BANDA ACEH
Oleh: Maulidin
NPM: 2009200050027
Komisi Pembimbing:
1. Dr. Nasir Usman, M. Pd.
2. Dr. Bahrun, M. Pd.
ABSTRAK
Keberhasilan sistem pendidikan ditentukan oleh manajemen komunikasi kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi terkait: (1) pola komunikasi kepala sekolah; (2) pelaksanaan komunikasi kepala sekolah; dan (3) hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Pola komunikasi yang dijalankan kepala SMA di Kota Banda Aceh yaitu pola komunikasi primer dan pola komunikasi sekunder. Pola komunikasi primer tergambar pada saat kepala sekolah memimpin rapat, membimbing guru dalam pelaksaan penilaian kinerja. Pola komunikasi sekunder tergambar pada saat kepala sekolah memberikan informasi melalui WhatsApp dan menelpon guru untuk memberikan informasi penting terkait kegiatan sekolah dan pengembangan profesi berkelanjutan; (2) Pelaksanaan komunikasi kepala sekolah dengan guru SMA Negeri di Banda Aceh telah terlaksana secara rutin dan berkesinambungan, hal ini tergambar pada saat kepala sekolah memberikan motivasi dan membimbing guru dalam melaksanakan berbagai tugas baik secara individu maupun kelompok. Namun, ada beberapa guru di salah satu SMA Negeri di Kota Banda Aceh tidak melaksanakan tugas dengan baik, tidak mengindahkan perintah kepala sekolah; dan (3) Hambatan komunikasi antara kepala sekolah dengan dewan guru ditemukan hambatan komunikasi yang bersifat teknis yaitu tidak mampu menggunakan teknologi dengan baik, tidak ada paket internet, dan telat membaca pesan dari WhatsApp grub. Kemudian hambatan yang bersifat semantik yaitu kesalahan penafsiran sehingga sulit menerima informasi yang dikirimkan oleh komunikator, dan hambatan yang bersifat psikologis yaitu keadaan emosional pada penerima pesan.
Kata Kunci: Komunikasi Kepala Sekolah, dan Kinerja Guru

PRINCIPALS’ COMMUNICATION MANAGEMENT IN IMPROVING TEACHER PERFORMANCE IN SENIOR HIGH SCHOOLS OF BANDA ACEH ABSTRACT (Maulidin) The principals' communication management determines the success of the education system. This study aims to obtain information related to (1) principals' communication patterns, (2) implementation of principals' communication, and (3) obstacles faced by school principals in improving teacher performance at Junior High Schools in Banda Aceh. This study used a qualitative approach with a descriptive method. Data were collected by using observation techniques, interviews, and documentation. Data analysis was performed through data collection, data reduction, data presentation, and drawing a conclusion. The study results showed that: (1) the communication pattern carried out by the principals in the city of Banda Aceh is primary and secondary. The way of primary communication is illustrated when the principal leads a meeting, guiding teachers in the implementation of performance appraisals. The pattern of secondary communication is illustrated when the school principal provides information via WhatsApp and calls the teacher to provide important information related to school activities and sustainable professional development; (2) the implementation of the principals' communication with public high school teachers in Banda Aceh has been carried out regularly and continuously. It is illustrated when the principal motivates and guides teachers in carrying out various tasks individually and in groups. However, there were several teachers at one of the public high schools in Banda Aceh who did not carry out their duties properly and did not heed the orders of the principal; and (3) Communication barriers between the principal and the teachers were technical, such as being unable to use technology well, having no internet package, and being late in reading messages from Whatsapp groups. Moreover, there was a semantic barrier, such as misinterpretation. It caused difficulty in receiving the information sent by the communicator. Another communication barrier was psychological. It is the emotional state of the message recipient. Keywords: Principal Communication, and Teacher Performance

Citation



    SERVICES DESK