Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
EVALUASI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) PADA HERMES PALACE HOTEL KOTA BANDA ACEH DI TENGAH PANDEMI COVID-9 TAHUN 2022
Pengarang
SYARIFAH INTAN RAUDHAH - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Rahmat Saleh - 198009142010121001 - Dosen Pembimbing I
Sari Rahmani - 199203062019032024 - Dosen Pembimbing I
Nomor Pokok Mahasiswa
1810102010035
Fakultas & Prodi
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Komunikasi(S1) / PDDIKTI : 70201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas FISIPOL., 2022
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Pandemi Covid-19 menyebabkan krisis pada berbagai sektor tidak terkecuali pada perhotelan. Hermes Palace Hotel merupakan salah satu dari banyaknya hotel yang mengalami dampak pandemi yaitu mengalami kerugian akibat penurunan okupansi dimasa pandemi Covid-19, namun Hermes Palace Hotel mencoba bertahan dengan melakukan strategi komunikasi pemasaran terpadu (IMC). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi komunikasi pemasaran terpadu pada Hermes Palace Hotel serta mengevaluasi strategi komunikasi pemasaran terpadu (IMC) yang telah dilakukan oleh Hermes Palace Hotel pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi dan pemilihan informan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan konsep Integrated Marketing Communication (IMC) yang mana terdapat delapan bauran komunikasi pemasaran (marketing mix) didalamnya. Berdasarkan hasil penelitian, Hermes Palace Hotel secara umum sudah berhasil dalam menerapkan dan melaksanakan strategi komunikasi pemasaran terpadu. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kembali okupansi hotel melalui banyaknya potongan harga yang mampu diberikan oleh Hermes Palace Hotel sehingga membuat para konsumen tertarik untuk menjalin kerjasama serta melakukan kegiatan-kegiatannya di Hermes Palace Hotel. Sedangkan berdasarkan hasil evaluasi menunjukkan adanya kekurangan Hermes Palace Hotel dalam melaksanakan strategi komunikasi pemasaran terpadu (IMC) di beberapa konsep, yaitu pada konsep advertising yang mana tidak adanya iklan pada media cetak spanduk atau baliho, lalu pada konsep personal selling yang mana tidak adanya kegiatan aktivitas penjualan dari segi Order Creators.
Kata Kunci: Industri Perhotelan, Evaluasi, Integrated Marketing Communication (IMC)
The covid-19 pandemic caused problems in many industries, and the hospitality industry was not an exception. The Hermes Palace Hotel is one of hotels that have been affected by the pandemic that is suffering devastating losses from occupancy during the COVID-19 pandemic, but the Hermes Palace Hotel has been attempting to survive by creating an Integrated Marketing Communication strategy (IMC). The goal of the study is to examine the Integrated Marketing Communication (IMC) strategy that the Hermes Palace Hotel employed during the covid-19 pandemic and to learn how to implement them for the Hermes Palace Hotel. This research used qualitative descriptive method with interview and documentation as the data collection, as well as using purposive sampling method to choose the sample of the research. This research applied an Integrated Marketing Communication (IMC) concepts including eight (8) Marketing Communication baseline (mix marketing). Based on the result of the research, Hermes Palace Hotel generally has done and implied the Integrated Marketing Communication strategy successfully. This was proved by the re-increasing of hotel's occupancy through the large amount of discount the Hermes Palace Hotel offered that could attracted customers to build cooperation and done their activities in Hermes Palace Hotel. Meanwhile, the evaluation result shown that there was inadequancy the Hermes Palace Hotel faced in applying the Integrated Marketing Communication (IMC) in some concepts, i.e on advertising concept where there was no banners or billboard of advertisement; and on personal selling concept where there were no sales activities in terms of order creators. Keywords: Hospitality Industry; Evaluation; Integrated Marketing Communication (IMC)
PENGARUH HOTEL IMAGE DAN CUSTOMER STATISFACTION TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DI HOTEL HERMES PALACE BANDA ACEH (ZIA MAULANA, 2019)
PENGARUH STRATEGI DIFERENSIASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN HOTEL HERMES PALACE DIKOTA BANDA ACEH (Eka Mariana, 2024)
PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH TAMU DI HERMES PALACE HOTEL BANDA ACEH (Desi Eliana , 2015)
PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA HOTEL HERMES PALACE DI KOTA BANDA ACEH (Rikhi Pranata, 2024)
STRATEGI CUSTOMER RETENTION DALAM MENCIPTAKAN LOYALITAS PELANGGAN DI HERMES PALACE HOTEL BANDA ACEH (Masita, 2025)