PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN MINAT SISWA MELALUI REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN GEOGEBRA DI SMP | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN MINAT SISWA MELALUI REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN GEOGEBRA DI SMP


Pengarang

Bahagia - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Rahmah Johar - 197011171998032002 - Dosen Pembimbing I
Anwar - 196603221991021001 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2006203020008

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S2) / PDDIKTI : 84102

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.302 81

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kemampuan berpikir kreatif matematis dan minat belajar merupakan faktor penting terhadap keberhasilan belajar matematika. Namun, kemampuan berpikir kreatif matematis dan minat siswa Indonesia masih dalam kategori rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan minat belajar yaitu melalui pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan GeoGebra pada materi sudut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui pendekatan RME berbantuan GeoGebra lebih baik daripada pembelajaran konvensional serta peningkatan minat belajar siswa melalui pendekatan RME berbantuan GeoGebra lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Al Fauzul Kabir Aceh Besar tahun pelajaran 2021/2022 dengan sampel penelitian adalah siswa kelas VIIb dan VIIc yang dipilih secara acak. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan angket minat belajar. Data dianalisis melalui perhitungan nilai N-Gain dan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan RME berbantuan GeoGebra lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional serta peningkatan minat belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan RME berbantuan GeoGebra lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, para guru hendaknya menggunakan pendekatan RME yang berlandaskan pada penyajian masalah kontekstual serta proses matematisasi horizontal dan vertikal serta mengintegrasikan Geogebra untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan minat belajar siswa.

Mathematical creative thinking ability and interest in learning are important factors for the success of learning mathematics. However, the mathematical creative thinking ability and interest of Indonesian students are still in the low category. One of the efforts that can be made to improve mathematical creative thinking skills and interest in learning is through learning with the GeoGebra-assisted Realistic Mathematics Education (RME) approach on angle material. The purpose of this research is to find out the improvement of students' mathematical creative thinking skills through the GeoGebra-assisted RME approach is better than conventional learning and the increase in students' interest in learning through the GeoGebra-assisted RME approach is better than conventional learning. This study uses a quantitative approach to the type of experimental research. The design used in this study was a pretest-posttest control group design. The population in this study was grade VII students of SMP Negeri 3 Al Fauzul Kabir Aceh Besar for the academic year 2021/2022 with the research sample being grade VIIb and VIIc students who were randomly selected. The research instrument used was a mathematical creative thinking ability test and a learning interest questionnaire. The data were analyzed by calculating the N-Gain value and t-test. The results showed that the increase in students' mathematical creative thinking skills who were taught using the GeoGebra-assisted RME approach was better than the students taught using conventional learning and the increase in students' interest in learning who was taught using the GeoGebra-assisted RME approach was better than the students taught with conventional learning. Therefore, teachers should use an RME approach that is based on presenting contextual problems as well as horizontal and vertical mathematization processes and integrating Geogebra to improve students' creative thinking skills and interest in learning.

Citation



    SERVICES DESK